oleh

Jeneponto Raih Penghargaan STBM, Kadinkes Ucapkan Terimakasih Seluruh Pihak

JENEPONTO – Bertepatan dengan Hari cuci tangan pakai sabun sedunia. Kementerian Kesehatan melalui direktorat kesehatan lingkungan memberikan penghargaan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) kepada beberapa daerah salah satunya kabupaten Jeneponto.

Penyerahan Penghargaan itu secara virtual di ruang kalabirang rumah jabatan Bupati (Rujab), Jumat (16/10/2021).

Penerima STBM Awards itu dihadiri langsung oleh Bupati Jeneponto Iksan Iskandar didampingi Ketua TP PKK Hj, Hamsiah Iksan dan Kepala Dinas Kesehatan Syusanti Mansur serta pejabat pemerintah lainya.

Iksan Iskandar menyebut Penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi pemerintah pusat atas keberhasilan suatu daerah dalam mengubah perilaku hidup bersih dan sehat serta kemampuan dalam melahirkan inovasi-inovasi baru berbasis 5 pilar STBM diantaranya Stop Buang Air Besar Sembarangan, Cuci Tangan pakai Sabun, Pengelolaan Air Minum/Makanan, Pengelolaan Sampah dan Pengelolaan Limbah Cair.

“Penghargaan STBM Berkelanjutan mewajibkan daerah mencapai 100% stop buang air besar sembarangan serta membuat inovasi kesehatan yang sifatnya memberdayakan dan bermanfaat kepada masyarakat,” ujar Bupati Jeneponto.

Pada kesempatan itu, Ia pun berterimakasih kepada seluruh pihak yang telah bekerja keras untuk mendapatkan penghargaan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM).

Ia memberikan apresiasi kepada tim penilai dan panitia kementerian kesehatan atas komitmennya dalam upaya monitoring/evaluasi percepatan daerah ODF 100% dan implementasi 5 pilar STBM.

Bupati Jeneponto pun berharap agar setelah mendapat Penganugerahan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) Awards hari ini dapat menjadi memacu 113 desa/kelurahan untuk terus berinovasi dalam berbagai bentuk, untuk mewujudkan ketersediaan air bersih dan sanitasi layak bagi seluruh masyarakat.

“Terimakasih kepada seluruh pihak yang telah bekerja keras dalam mewujudkan lingkungan masyarakat bersih dan sehat,”ujarnya.

Sementara ditempat yang sama, Kadinkes Syusanti Mansyur mengucapkan rasa terima kasihnya kepada seluruh pihak yang telah berperan aktif dalam membantu mendorong akses sanitasi yang layak dalam kerangka menuju masyarakat yang sehat dan aman

“Terima kasih kepada semua stakeholder yang telah mendukung upaya perbaikan akses sanitasi ini sehingga melalui kolaborasi program yang berkelanjutan dan pemberian reward bagi desa/kelurahan yang sudah mencapai kategori ODF,” ujar kadinkes.

(Firmansyah)

News Feed