Daerah

Mantan Kepala BKD Huzarni Rani Menyoroti Pelaksanaan Seleksi Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Pemprov Babel

×

Mantan Kepala BKD Huzarni Rani Menyoroti Pelaksanaan Seleksi Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Pemprov Babel

Sebarkan artikel ini

BANGKA BELITUNG – Mantan Kepala Biro Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Huzarni Rani menyoroti pelaksanaan seleksi terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama di lingkup Pemprov Babel.

Diketahui sebelumnya, Pemprov Babel membuka pendaftaran bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang berminat dan memenuhi persyaratan untuk mengikuti seleksi calon pejabat Pimpinan Tinggi Pratama di lingkup Pemprov Babel.

Click Here

Diadakannya seleksi terbuka tersebut berdasarkan Surat Pengumuman Pendaftaran Nomor : 01/PANSEL JPT/X/2021 ditetapkan di Pangkalpinang, 10 Oktober 2021, ditandatangani a.n Ketua Panitia Seleksi Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Pemprov Babel Sekretaris, Susanti.

Huzarni menilai, pola lelang jabatan yang dilakukan oleh Pemprov Babel sedikit aneh. Pasalnya menurut dia, masih terdapat dua jabatan yang dipegang Pelaksana tugas (Plt), yakni Kepala Dinas Perhubungan dan Direktur RSUP Soekarno, padahal pembukaan lelang jabatan tersebut merupakan masa jabatan terakhir gubernur saat ini.

“Dikalangan masyarakat beredar bahwa lelang jabatan ini hanya formalitas saja karena sebelum lelang dibuka diduga sudah ada calon yang bakal jadinya yakni para Plt saat misalnya untuk dinas Pupr Jantani, dinas kesehatan Andri Nurtito, Biro Ekbang Ahmad Yani, dinas Esdm Amir Hamzah, ka Dkp Mashuri, Assisten 1 Andi Kurniawan sedangkan untuk Kadishub dibuka lelang jabatan melalui sistem jobpit dengan calon jadi nya Pejabat dr basel,” terang Huzarni kepada wartawan melalui pesan Whatsapp Senin (11/10/2021) malam.

Oleh karena itu, dia mempertanyakan status jabatan Kepala Dinas Perhubungan dan Direktur RSUP yang hingga saat ini masih Plt dan tidak diikutsertakan dalam proses lelang pada seleksi terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama yang saat ini telah dibuka proses pendaftarannya.

“Yang jadi pertanyaan kenapa Dir Rsup yang sudah lama diisi Plt tidak dilelang justru menjdi tanda tanya besar apakah karena belum calon unggulan atau ada hal lain mengingat besarnya proyek pembangunan di Rsup.? Memang berkaitan perlakuan khusus untuk pengisian jabatan Kadishub melalui jobpit walaupun ada PP yang mengaturnya,” ujarnya heran.

“Namun sangat kurang elok jika dilakukan dengan cara berbeda yang dpt membuat masyarakat bertanya tanya dan bisa berburuk sangka bahwa proses pengisian jabatan di provinsi ini penuh permainan sedangkan proses lelang hanya untuk memenuhi aturan bukan mematuhi aturan apalagi proses lelang jabatan saat ini sangat singkat karena awal februari dilantik karena batas akhir gub bisa melantik 6 bulan sebelum masa jabatan gub berakhir bulan mei. Jujur saya merasa heran kenapa banyak jabatan eselon 2 sudah lama kosong tapi diujung masa jabatan baru di dilelang justru membuat masyarakat menduga duga bahwa proses lelang jabatan hanya formalitas saja,” terangnya.

“Terus jika lelang ini sdh diatur siapa calon jadinya , lalu buat apa diadakan lelang jabatan yang melibatkan para intelektual sebagai timselnya dengan biaya yang cukup besar, ini masalah yang disikapi bersamaoleh para asn dan menurut saya yang terbaik adalah menjadi asn yang berkarakter tidak mau ikut ambil bagian dalam permainan 6 lelang jabatan ini dengan tidak mau jadi sebagai peserta lelang pendamping untuk melengkapi syarat minimal 3 org peserta lelang,” tandasnya.

Sementara itu, terkait lelang Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama tersebut, redaksi telah mengupayakan untuk meminta konfirmasi kepada Gubernur Erzaldi maupun Plt. Kepala Dinas PUPR Babel, Jantani Ali melalui pesan Whatsapp, Selasa (12/10/2021). Namun hingga berita ini diturunkan, masih belum ada jawaban dari keduanya.

Sekedar informasi, Pemprov Babel membuka pendaftaran seleksi enam Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama, yakni :

1. Asisten Administrasi Umum Setda Prov. Kep. Babel.

2. Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Prov. Kep. Babel.

3. Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Prov. Kep. Babel.

4. Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang dan Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman Prov. Kep. Babel.

5. Kepala Dinas Kesehatan Prov. Kep. Babel

6. Kepala Biro Perekonomian dan Administrasi Pembangunan Setda Prov. Kep. Babel. (red)

Eksplorasi konten lain dari Sekilas Indonesia

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan Membaca

%d