oleh

Kolaka Utara menggelar World Cleanup Day Di Pelataran LTF

KOLAKA UTARA-Peringatan World Cleanup Day 2021 yg dirangkai dengan Launching Paket Kebijakan Pengelolaan Sanitasi Kabupaten Kolaka Utara, kegiatan ini diperingati di Pelataran Lacaria Traditional food, sabtu (18/9/2021).

Menurut Kadis DLH (Mardan, MM) bahwa Aksi dilaksanakan 3 titik dengan jumlah peserta kurang lebih 150 orang yang merupakan perwakilan OPD dan sukarelawan.

Bupati yg diwakili Sekda (DR. Taupiq, MM.) : Peringatan Aksi World Cleanup Day 2021 diharapkan dapat menjadi salah satu wujud dalam mensosialisasikan pengolaan sampah yang baik, khususnya melalui kesadaran pemilahan sampah dari rumah, salah satu sektor dalam paket kebijakan pengolaan sanitasi dengan jargon ” Kolaka Utara Berantas Sampah, Bidik Pengelolaan Limbah Layak dan Aman” (Kolut Bertasbih).

Paket Kebijakan tersebut berisi dua sektor utama yaitu sektor air limbah domestik dan sektor persampahan:

Kebijakan sektor air limbah domestik terdiri dari:
1. Seluruh desa/kelurahan wajib kampanye
Stop Buang Air Besar Sembarangan
(BABS);
2. Seluruh OPD memiliki desa binaan Stop
BABS / Open Defecation Free (ODF);
3. Bantuan stimulan jamban layak bagi
Masyarakat Berpenghasilan Rendah
(MBR);
4. Wajib penyedotan tangki septik bagi ASN;
5. Gratis sedot tinja bagi masyarakat
berpenghasilan rendah;dan
6. Pengembang /developer wajib
menyediakan tangki septik aman.

Kebijakan sektor persampahan
1. Pembentukan UPTD pengelolaan
persampahan (TPA/Bank Sampah);
2. Sedekah sampah bagi ASN setiap hari
jumat di Bank sampah;
3. Setiap kecamatan wajib memiliki 1 buah
TPS3R;
4. Reward bagi sekolah, desa/kelurahan
dalam pengelolaan sampah terbaik;dan
5. Revisi perda pengelolaan sampah dan
retribusi.
“Melalui peket kebijakan dan aksi ini, pemerintah dan masyarakat memberikan komitmen dalam menjaga lingkungan hidup sekitar tetap bersih, terkelola limbahnya, serta tersedia prasarananya, sehingga lingkungan tempat tinggal kita menjadi lingkungan yang layak dan aman”, lanjutnya.

Bupati juga mengucapkan terima kasih kepada Kementrian PURR , melalui Balai Prasarana Pemukiman Wilayah Provinsi Sulawesi Tenggara yang telah menjadikan Kolaka Utara sebagai salah satu kabupaten
yang menerima Program Paket Kebijakan Pengelolaan Sanitasi.

Pada rangkaian acara yang sama diserahkan juga penghargaan Desa ODF (Open Defecatio Free) kepada desa/ kelurahan sebagai desa/kelurahan yang mempunyai komitmen dan telah mendeklarasikan masyarakatnya untuk tidak membuang air besar di sembarang tempat.

Berikut nama desa/kelurahan penerima:
Desa Rante Baru, Lawekara, Latawaro, Lambai, Ponggiha, Jabal Nur, Ainaini Tajeriani, Awo, Nimbuneha, Lelehao, Kalahunde, Powalaa,Tarengga, Makuaseng, Patikala, Lawaki Jaya, dan Kelurahan Lapai.

(Gugun)

News Feed