oleh

Peduli Banjir di Lebak, Kemensos RI dan Tagana Kirimkan Bantuan

SEKILASINDONESIA.ID, LEBAK – Kementrian sosial RI (Kemensos RI) mulai memberikan bantuan makanan dan obat obatan kepada masyarakat Lebak terdampak bencana. Bantuan tersebut diberikan secara simbolis di dapur umum Kampung Barangbang, Kelurahan Muara Ciujung Timur, Kecamatan Rangkasbitung, Rabu, (15/09/2021).

Dihadapan warga, Eka Dharmana Putra Kepala Dinas Sosial Kabupaten Lebak, mengatakan, warga yang terkena dampak banjir di Kabupaten Lebak hendaknya bersabar dalam menghadapi musibah tersebut. Sekalian juga kata dia, bencana yang melanda itu juga harus dijadikan intropeksi bagi semuanya, agar menjaga kebersihan lingkungan. Pemerintah juga akan selalu hadir ditengah tengah warga jika terjadi musibah.

“Bantuan ini menandakan bahwa pemerintah selalu hadir ditengah tengah warga. Saya harap semuanya bisa bersabar dalam menghadapi musibah yang menimpa,” kata Eka Darmana Putra, yang diamini oleh Fahri Isnanta, perwakilan dari Kementrian Sosial dan Tajul Aripin, Kabid Linjamsos, Dinsos Banten.

Menurut Eka, Kementrian Sosial, pada kesempatan kali ini mengunjungi korban banjir dengan membawa bantuan makanan siap saji, beras, serta obat obatan. Dengan begitu kata Eka, jika ada warga yang membutuhkan makanan untuk dipersilahkan mendatangi dapur umum, atau diantar secara door to door oleh pihak kelurahan.

“Semoga bantuan ini bermanfaat, jika ada yang belum makan, silakan datang ke dapur umum. Atau diantarkan oleh petugas secara door to door,” tambah Eka.

Fahri Isnanta, pekerja sosial (Peksos) Ahli Muda, pada Kementrian Sosial menjelaskan, bantuan yang diberikan oleh pihaknya tersebut ada beberapa macam diantaranya dalam bentuk beras dan makanan siap saji dalam bentuk kemasan/kaleng.”Jadi saya sebentar melakukan simulasi dihadapan warga ya? Tentang tata cara menggunakan makanan siap sajinya,” kata Fahri Isnanta.

Sementara itu, Farid Dermawan, ketua dewan penasehat Taruna Siaga bencana (Tagana) Kabupaten Lebak, mengaku berduka dengan adanya musibah banjir di Kabupaten Lebak. apalagi kata Farid, ada korban jiwa dalam musibah tersebut, saat ini pihaknya juga bersama sama dengan Dinas Sosial dan Kementrian Sosial menyempatkan diri meninjau semua kawasan yang terdampak banjir, dan mengunjungi keluarga almarhum Asmawi(65) yang meninggal akibat terseret arus air di Kampung Lembur Sawah.

“Ujian adalah berkah. Namun, jika kebanyakan jadi musibah, jadi harap bersabar dan kami dari Tagana dan Dinsos siap untuk membantu masyarakat,” kata Farid yang juga suami dari Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya ini.

(Usep_Red).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed