oleh

Dukung Program Pemerintah, Pemdes Lentu Jeneponto Gelar Vaksinasi Massal 

JENEPONTO-Untuk mendukung program pemerintah dalam rangka percepatan vaksinasi bagi masyarakat. Pemerintah Desa Lentu bersama masyarakat dan bekerjasama Puskesmas Bontoramba mengelar Vaksinasi Massal.

Pelaksanaan vaksinasi massal masyarakat  dilaksanakan di aula kantor Desa Lentu, Kecamatan Bontoramba, Kabupaten Jeneponto, Sulsel, Kamis (9//9/2021).

Turut hadir dalam pelaksanaan vaksinasi covid 19, Babinsa, Bhabinkamtibmas, Aparat Desa, Sekertaris Desa, Ketua BPD, para masyarakat peserta vaksin dan dr. Andi Inayah Azis dari Puskesmas Bontoramba bersama 10 tim vaksinator.

Pantau media dilokasi, antusiasme warga masyarakat yang dinominasi oleh kaum ibu ibu hingga lansia yang ingin divaksin dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan yang ketat.

Kepala Desa Lentu, Sirajuddin mengatakan kegiatan ini dilaksanakan karena kita mendukung program pemerintah pusat hingga Kabupaten dalam mensukseskan program percepatan vaksinasi pencegahan penyebaran covid 19. Ini juga merupakan instruksi Pepres No 14 Tahun 2000-2021 dan juga instruksi Pemerintah Kabupaten Jeneponto.

“Alhamdulillah boleh kita lihat bersama antusias masyarakat yang mau divaksin, mungkin ini kesadaran masing masing tanpa ada unsur paksaan,” ucap Kades Lentu, Kamis (9/9/2021).

Sirajuddin mengungkapkan, sebelum dilakukan vaksinasi  pihaknya telah melakukan sosialisasi kepada masyarakat dengan cara mengumumkan di mesjid dan melibatkan Kepala Dusun untuk menyampaikan secara langsung ke masyarakat.

“Jadi kami juga selaku Pemerintah Desa tidak menjamin, apa bila dilain waktu ada aturan yang berubah nantinya terkait masalah bantuan sosial yang berdasarkan hasil vaksinasi,” ungkap Sirajuddin.

Lanjut, dikatakan sirajuddin, pelaksanaan vaksinasi massal yang digelar hari ini, ada pendaftar sekitar kurang lebih 100 orang dengan target sasaran vaksinasi 100 orang yang dinominasi kaum ibu ibu.

“Ini juga bertujuan agar mencegah penyebaran covid 19, sehingga dengan adanya vaksin ini bisa menambah ketebalan imun (herd Immunity). Kegiatan ini juga mengangkat tema Bersama kita sehat Bersama kita maju ayo kita vaksin,” Sebutnya.

Sementara di tempat yang sama, Dokter Andi Inayah Azis dari Puskesmas Bontoramba, menjelaskan kegiatan ini merupakan kerjasama dengan Pemerintah Desa untuk warga. Ini bertujuan agar masyarakat untuk meningkatkan kekebalan tubuh, walapun sudah divaksin tetap mematuhi protokol kesehatan.

“Jadi setelah divaksin agar tetap mengedepankan protokol kesehatan dan juga setelah divaksin istirahat dan jangan melakukan pekerjaan yang berat,” ucapnya.

“Adapun jenis vaksin yang digunakan yakni vaksin Sinovac dengan jumlah tim vaksinator dari Puskesmas Bontoramba sebanyak 11 orang terdiri dari satu dokter,” ungkap dr  Andi Inayah Azis.

Diketahui masyarakat Lentu yang telah divaksin untuk sementara sebanyak kurang lebih 50 orang dan setelah masyarakat divaksin diberikan bingkisan berupa kue dan minuman.

(Firmansyah)

News Feed