oleh

Aktualisasi Program Kampus Merdeka Dalam Kegiatan Kampus Mengajar

Oleh : Annisa Maulani

Mahasiswi UPI Bandung
Semester : 7
Fakultas: Pendidikan Ekonomi Bisnis

SEKILASINDONESIA.ID, OPINI – Perkembangan IPTEK yang sangat cepat saat ini, telah membawa perubahan yang sangat besar dalam berbagai aspek bidak kehidupan salahsatunya yaitu bidang pendidikan.

Perubahan ekonomi, sosial, dan budaya juga membawa perubahan yang sangat besar terhadap dunia pendidikan, maka dari itu khususnya perguruan tinggi atau kampus harus cepat tanggap dalam menghadapi tantangan global perubahan zaman ini agar dapat mempersiapkan generasi yang tanggap dan siap menghadapi tantangan waktu.

Dalam menanggapi hal tersebut Kemendikbud RI menggagas suatu program yang dimana bertujuan agar para mahasiswa dapat dengan leluasa mencari dan mengembangkan softskill untuk bisa bersaing secara unggul dalam menghadapi tantangan pada zaman ini dan zaman yang akan mendatang.

Program yang di canangkan oleh Kemendikbud yaitu Program Kampus Merdeka, dimana program ini bertujuan untuk membebaskan mahasiswa memilih bidang yang mereka kuasai dan mereka inginkan agar mereka dapat bersaing secara global dalam dunia pekerjaan maupun dunia pendidikan. Dengan adanya program Kampus merdeka yang digagas oleh Kemendikbud ini maka lahirlah sebuah program yang dimaksudkan untuk mengajar mendidik serta membantu sekolah yang tertinggal, terdalam serta terluar dalam hal literasi, numerisasi IPTEK juga Pengembangan Inovasi dan kreativitas yaitu Kampus Mengajar.

Dari kegiatan Kampus Mengajar ini dilakukan selama 3 bulan di sekolah yang jarak nya pun masih mampu untuk dijangkau namun berada di daerah 3T. Adapun salah satu sekolah dasar yang menjadi tempat dijalankannya Program Kampus Mengajar yakni di SDN 3 Cipanas yang terletak di Kp. Bondong, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten.

Secara umum SDN 3 Cipanas dalam kondisi baik dan layak untuk proses pembelajaran. Sekolah memiliki 6 ruang kelas, 1 ruang guru dengan ruang kepala sekolah yang menyatu hanya dipisahkan sekat, ruang perpustakaan yang luas, lapangan upacara dan juga toilet.

Selama Pandemi Pembelajaran daring disekolah tersebut dilaksanakan dengan menggunakan Aplikasi WhatsApp Group dikarenakan tidak memungkinkan siswa untuk menggunakan aplikasi belajar lainnya. Dan untuk pembelajaran luring atau tatap muka dilaksanakan 3 kali dalam seminggu di rumah guru, maupun di rumah siswa.

Dalam pelaksanaan Program Kampus Mengajar Angkatan 1 Tahun 2021 yang telah dilaksanakan oleh mahasiswa Kampus Mengajar khususnya di SDN 3 Cipanas telah sesuai dengan ketercapaian tujuan dari Program Kampus Mengajar baik dari segi penanaman nilai-nilai, pendidikan, juga karakter kepada siswa yang merupakan tujuan utama dari terselenggaranya program ini. Para Siswa SDN 3 Cipanas sangat senang dengan adanya mahasiswa yang membantu mereka dalam proses belajar.

Salah satu siswi SDN 3 Cipanas saudari Davi kelas 5 mengatakan bahwa “Saya lebih mengerti dan juga lebih asyik diajar oleh kakak-kakak ini, karena dalam mendidik juga mengajar tidak hanya Cuma sekedar menjelaskan tetapi sambil ada permainan yang mengedukasi juga”.

Menurut salahsatu pihak sekolah juga yaitu Kepala Sekolah SDN 3 Cipanas Bapak H. Ujang, adanya program ini sangat membantu sekolah dalam melaksanakan pembelajaran di masa Pandemi ini, dan pihak sekolah SDN 3 Cipanas, mengapresiasi penuh.

Selain itu, program ini diharapkan mampu menjadi wadah bagi mahasiswa untuk mengembangkan dan mengasah kemampuan dalam diri mahasiswa serta mampu mengembangkan pengetahuan mahasiswa yang belum didapatkan dalam dunia perkuliahan.

Selasa, (07/09/2021).

Reporter : Usep.

News Feed