oleh

Upaya Penurunan Stunting, Dinkes Jeneponto Lounching Jaringan SMART

JENEPONTO – Bertepatan dengan pembukaan Rembuk TB, Bupati Jeneponto Iksan Iskandar, juga melaunching program Jaring Smart yang di inisiasi oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan. Kamis (2/9/2021).

Jaringan SMART merupakan program menjaring remaja peduli kesehatan persiapan menjadi orang tua berkualitas. Salah satu upayanya menurunkan angka kejadian dan prevalensi stunting di 20 Desa dan Kelurahan lokus Stunting 2021.

Kepala Dinas Kesehatan Jeneponto, Syusanty A Mansyur dalam laporannya menyampaikan, Jaring Smart adalah program menjaring remaja peduli kesehatan persiapan menjadi orang tua berkualitas. Jaring Smart ini memiliki tujuan jangka pendek dan jangka panjang.

“Tujuan jangka pendek dari pada pelaksanaan jari semar adalah menurunkan angka kejadian dan prevalensi stunting di 20 desa kelurahan lokus di Jeneponto sedangkan tujuan jangka panjangnya adalah menurunkan angka prevalensi stunting, angka kematian ibu dan angka kematian bayi di 50 desa kelurahan di Jeneponto,” kata Syusanty dalam sambutannya.

Bupati Jeneponto dua periode itu juga menambahkan, kepada Kepala wilayah Kecamatan, Kepala Desa dan Kepala Kelurahan untuk berkoordinasi intenks dengan para remaja jaring smart.

Ia pun menegaskan kepada para Camat, Lurah dan Kepala Desa untuk aktif berkoordinasi dalam mencari masyarakat yang sedang menderita penyakit TBC dan penyakit balita stunting serta saspek covid.

Iksan Iskandar juga berharap kepada Remaja yang tergabung dalam Jaring Smart untuk dapat mensosialisasikan pelaksanaan vaksinasi kepada masyarakat.

“Jaring Smart ini harus dapat mengedukasi masyarakat terkait manfaat dari pada vaksin, jadilah garda terdepan dalam mewujudkan target vaksinasi di Kabupaten Jeneponto,” pungkasnya.

Hadiri dalam acara itu, Sekda Syafruddin Nurdin, Perwakilan Dandim 1425, Kapolres, Kajari, Pengadilan, beberapa Kepala OPD, Kabag, Camat. kepala Desa dan Kelurahan lokus Stunting serta Kader Jaring Smart.

(Firmansyah)

News Feed