oleh

Pasien Positif Covid-19 di Desa Kalosi Kini Telah Dilakukan Pemakaman Jenazah

SIDRAP – Wabah virus Corona covid-19 di Indonesia telah menyebabkan ribuan warga terpapar dan ratusan lainnya meninggal dunia, seperti halnya baru-baru ini kita menyaksikan pemakaman 1 pasien covid-19 di Desa Kalosi, Kecamatan Duapitue, Kabupaten Sidrap, Senin 16 Agustus 2021.

Dibeberapa daerah, ada penolakan jenazah pasien positif covid-19. Padahal pemakaman jenazah positif covid-19 atau pun PDP yang belum keluar hasil swabnya melewati proses pemulasaran jenazah yang ketat sesuai dengan standar yang diatur dalam Protokol Penanganan Jenazah Pasien Covid-19 Badan Kesehatan Dunia (WHO).” Ucap Kades.

Kepala Desa Abd. Malik mewakili masyarakat desa kalosi mengambil sikap tidak menolak jenaza pasien covid-19 dengan alasan demi kemanusiaan dan untuk proses kelancaran pemakaman, apalagi pasien ini merupakan warga saya sendiri jadi harus saya terima dengan baik.

Dalam pantauan wartawan sekilasindonesia.id prosedur pemakaman pasien positif covid-19 di Desa Kalosi berjalan lancar dan baik sesuai dengan standart protokol penanganan jenazah pasien covid-19 badan kesehatan dunia (WHO) dan dalam pengawasan ketat oleh petugas kesehatan Pasien Covid-19 hanya boleh diurus pemakamannya oleh petugas kesehatan.

Petugas kesehatan menggunakan pakaian alat pelindung diri (APD) yang lengkap, sarung tangan, masker, sepatu septi Petugas tidak makan, minum, ataupun menyentuh wajah selama berada di area pemakaman jenazah dan selalu di lakukan penyemprotan desinfektan.

Setelah semua prosedur jenazah dilaksanakan dengan baik, pihak keluarga dapat turut dalam penguburan jenazah.

Semua petugas kesehatan yang telah mengurus proses pemakaman hingga jenazah almarhuma masuk liang lahat dan pihak keluarga yang menyaksikan prosesi tersebut diwajibkan menjalani proses sterilisasi dengan disemprotkan cairan disinfektan ke bagian pakaian yang dikenakan serta selalu mencuci tangan dan terakhir pakain APD yang di pakai langsung di lakukan pembakaran di lokasi pemakaman.

(Reski/Tim)

 

News Feed