oleh

Berikut ini Penjelasan Kepala UPT SPAM Kabupaten Bangka Selatan Terkait Kondisi SPAM Desa Permis

BANGKA BELITUNG – Sistem Penyediaan Air Minum ( SPAM ) di Desa Permis Kecamatan Simpang Rimba Kabuaten Bangka Selatan yang akhir-akhir ini diberitakan hingga kini belum bisa dioperasikan atau belum dimanfaatkan secara maksimal oleh masyarakat sekitar, berikut ini penjelasan dari Bapak Yudy selaku Kepala UPT. Sistem Penyediaan Air Minum ( SPAM ) Kabupaten Bangka Selatan kepada Wartawan, Rabu (18/08/2021), melalui pesan singkat via whatapp milik pribadinya;

Yang Pertama, Proyek SPAM itu dibangun pada tahun anggaran 2014, sedangkan pada Tahun 2016 ada surat pernyataan bersedia menerima hibah yg di tanda tangani langsung oleh Bupati

Kemudia berita acara serah terima hibah baru terealisasi pada tahun 2020 dengan adanya beberapa catatan perbaikan.

Yang Kedua, Surat bersedia menerima hibah SPAM IKK tahun 2016 berita acara serah terimanya tahun 2020 bang, diketahui pada
Tahun 2016 Oktober saya masuk pam posisi SPAM IKK belum beroperasi dikarenakan rusak dan sebagian mesin sudah pada hilang.

Yang Ketiga, Pada Tahun 2017 kami minta bantu satker buat sama-sama perbaikan mesin, alhamdullilah bisa di perbaiki waktu itu, hanya saja belum bisa optimal operasinya di karenakan pipa jaringan distribusi kita masih ada masalah belum bisa ngalir semua/ ada kehilangan air.

“Jadi belum bisa kita operasionalkan meski sudah hidup. waktu itu kami sama kawan-kawan satker sepakat sama-sama kelapangan membahas peta jaringan biar bisa kami ( UPT PAM ) perbaiki,”ujarnya.

“Mungkin dikarenakan kesibukan /padatnya aktifitas kawan-kawa satker belum bisa atur jadwal buat acara itu. selain itu juga, jalannya waktu mesin-mesin kita pun hilang lagi mulai dari yang pompa + panel intake- genset + pompa distribusi dan panel2. Petugas kami pun yang di Desa Permis sudah melaporkan ke polsek terdekat waktu itu pada tahun 2019 kejadiannya,” terang Yudy.

Adapun yang masih bisa kita selamatkan kita simpan hanya 2 unit pompa distribus belum lama ini saya komunikasi dengan kawan satker minta bantuan buat optimalisasi spam Desa Permis.

“Alhamdulilah info nya 2022 -2030 ada program dana pusat terkait perbaikan spam-spam seindonesia yang rusak,”jelasnya.(zeliya)

News Feed