oleh

KAMPUS MENGAJAR UNTUK NEGERIKU

KAMPUS MENGAJAR UNTUK NEGERIKU

 SEKILASINDONESIA.ID – Pendidikan adalah pembelajaran pengetahuan, keterampilan, dan kebiasaan sekelompok orang yang diturunkan dari satu generasi ke generasi berikutnya melalui pengajaran, pelatihan, atau penelitian. Dengan adanya pendidikan dapat merubah manusia menjadi lebih baik. Sikap dan perilaku yang paling utama serta menjadi manusia yang dapat bermanfaat bagi orang lain dan negeri tercinta. Banyak sekali masalah-masalah pendidikan di Indonesia saat ini. Masalah pendidikan adalah masalah yang sangat berat yang harus dihadapi oleh Pemerintah. Banyak-nya anak-anak yang tidak bersekolah karena banyak-nya dari mereka yang tidak mempunyai biaya sekolah dan berbagai kendala lainnya.

Program Kampus Mengajar yang membawa perubahan terhadap pendidikan nasional dalam masa pandemi covid-19. Kampus Mengajar Angkatan 1 Tahun 2021 ini merupakan program terbesar pemerintah dan program lanjutan dari program kampus mengajar perintis dengan adanya kontribusi nyata mahasiswa di berbagai perguruan tinggi dalam meningkatkan kualitas pendidikan Indonesia. Tujuan kampus mengajar itu sendiri yaitu memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar dan mengembangkan diri melalui aktivitas di luar kelas perkuliahan, membantu sekolah untuk memberikan pelayanan pendidikan yang optimal terhadap semua peserta didik pada jenjang SD dalam kondisi terbatas dan kritis selama pandemi.

Kampus mengajar terkait dengan profil pelajar Pancasila. Dewantara (2004) menyatakan bahwa berkembangnya setiap diri peserta didik sesuai dengan kodratnya dapat dilakukan apabila setiap peserta didik memiliki pandangan hidup peserta didik SD tidak terlepas dari pandangan hidup orang tua dan masyarakat sekitarnya. Dengan demikian, profil peserta didik SD juga dapat ditinjau dari pandangan hidup bangsa, yakni Pancasila. Pancasila menjadi falsafah atau pandangan hidup bangsa Indonesia, termasuk peserta didik SD. Perilaku peserta didik SD dalam keseharian harus mencerminkan perilaku pembelajar sepanjang hayat yang memiliki kompetensi global dan relevan dengan nilai-nilai Pancasila. Berkaitan Dengan hal tersebut, Program Kampus Mengajar 2021 diarahkan pada penguatan terhadap terwujudkan profil pelajar Pancasila. Ada 6 (Enam) dimensi kunci perilaku atau karakter pelajar Indonesia pada semua jenjang Pendidikan, termasuk SD yaitu beriman dan bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan berakhlak mulia, mandiri, bernalar kritis, kreatif, bergotong royong, serta berkebinekaan global.

Peran pendidik bukan hanya orang tua dirumah saja namun juga seorang guru di sekolah, ini menjadikan anak lebih berkualitas dalam meningkatkan daya minat untuk masa depannya, dengan menemukan sosok guru yang teladan baginya daya juang seorang anak menggapai impiannya lebih semangat lagi, tentu saja dengan adanya program kampus mengajar ini sebuah cara dimana guru mendapatkan ilmu baru dan cara baru dalam mendidik muridnya.

Keuntungan yang didapatkan dari kampus mengajar guru dapat meningkatkan kualitasnya dalam mengajar dengan lebih modern menggunakan teknologi masa kini dari mahasiswa yang ditugaskan di sana, hal ini diperuntungkan bukan hanya untuk guru saja namun juga murid yang mungkin belum mengenal lebih jauh dari kegunaan teknologi yang dikarenakan kurangnya faktor pendukung dari ekonomi ataupun kurangnya akses internet dan alat pendukung lainnya.

Anak adalah harapan dan generasi bangsa, dengan adanya kampus mengajar kita setidaknya telah menghidupkan kembali jiwa dari harapan bangsa, semoga kampus mengajar ini terus terlaksana dan juga semangat mahasiswa dalam keikutsertaan program ini semakin meningkat, dengan kita ikut program ini secara tidak sadar kita telah mendidik dan menghidupkan kembali semangat dan daya juang harapan bangsa demi masa depan, kita tidak pernah tau orang yang telah kita bantu kedepannya akan seperti apa. Dengan kampus mengajar kita telah menghidupkan kembali anak bangsa yang kelak akan menjadi kebangaan bersama.

Penulis: Sindy Sataroh, Mahasiswa Pendidikan Biologi Universitas Ahmad Dahlan

News Feed