oleh

Terima Masukan BKD Bangka Tengah Terkait Ranperda, Ketau Pansus Akan Berkoordinasi 

BANGKA TENGAH – Ketua Panitia Khusus (Pansus) Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Penyelenggaraan Kearsipan DPRD Bangka Belitung, Ringgit Kecubung, S.Pd, mengatakaan. akan berkoordinasi dan berkonsultasi dengan Biro Umum di setiap tingkat pemerintah daerah baik tingkat kabupaten/kota dan provinsi.

Pendapat tersebut setelah pihaknya menerima masukan dari Badan Kepegawai Daerah (BKD) Bangka Tengah dan Dinas Kearsipan Bangka Belitung dalam acara koordinasi dan konsultasi penyusulan peraturan daerah penyelenggaran kearsipan oleh DPRD Bangka Belitung.

“Dengan kunjungan ke BKD Bangka Tengah ini, menjadi titik temu bagi kami yang tadinya untuk biro umum bukan menjadi pusat perhatian ataupun jadi tujuan utama. Tapi setelah berkunjung ke BKD dapat informasi bahwa biro umum menjadi sasaran kami,”kata Ringgit kepada Tim Publikasi dan Awak Media, di Kantor BKDSDMD Bangka Tengah. Senin (2/8/2021).

Adapun maksud dari yang selama ini biro umum bukan menjadi sasaran pihaknya, sesuai berkonsultasi, bidang arsip tidak harus membidangi kearsipan, tetapi apabila kembali ditelaah kearsipan pun menyentuh tanah digital dan non digital.

“Dalam artian bukan hanya kearsipan yang terlibat ataupun membidangi untuk arsip tetapi ada juga yang perlu kita telaah baik untuk kearsipan digital ataupun non digital, contohnya tadi disampaikan (Bapak Wahyu selaku Kadis BKD Bangka Tengah) bahwa untuk organisasi, contohnya KPU juga sangat minim untuk kearsipan, juga untuk itu kedepan untuk menjadwalkan kembali untuk ke biro umum,”sarannya.

Lebih lanjut, progres dari Ranperda Penyelenggaraan Kearsipan ini. Dikatakannya berjalan sangat baik. Pasal per pasal yang termaktub dalam Ranperda mulai terbentuk. Di sisa langkah koordinasi dan konsultasi dengan stakeholder lainnya pun diharapkan semakin memberikan masukan yang konkret bagi Perda ini.

“Kalau sampai hari ini, sangat bagus dalam artian ada tadinya kami bahas baru sampai pasal 3, tapi untuk saat ini terkhusus di Bateng kami juga sempat membahas sampai pasal 19 , dan mudah mudahan kunjungan berikutnya nanti jadi masukan juga buat kami ataupun hal harus diperbaharui dan dimasukan mewakili kabupaten,”terangnya.

Untuk itu, pihaknya sangat mengharapkan masukan dan saran demi kebaikan dan kualitas Ranperda ini sebelum diparipurnakan oleh DPRD Bangka Belitung. Di menegaskan kembali bahwa bidang kearsipan semakin memiliki marwah bila disusun berdasarkan ilmu pengetahuan.(Budi)

News Feed