oleh

Ketua Pansus Fraksi PKS DPRD Babel Ringgit Kecubung: Pentingnya Arsip Dalam Organisasi

PANGKALPINANG – Arsip mempunyai peran penting bagi keberlangsungan roda organisasi, baik pemerintahan maupun swasta, pasalnya, kearsipan harus dikelola secara tertib dan teratur sehingga dapat bermanfaat bagi keberlangsungan organisasi.

Ringgit Kecubung Ketua Pansus Ranperda tentang penyelenggaraan kearsipan, mengajak kepada semua pihak untuk menjaga, menyimpan dan mengelola Arsip secara baik dan maksimal, karena Arsip sangat penting.

” Merubah kesadaran dari kita untuk merubah pikiran kita, bahwa Arsip ini sangat penting. kemudian masalah pendanaan kurang diperhatikan”, tegas, Ringgit Kecubung, saat rapat pembahasan Ranperda tentang penyelenggaraan kearsipan bersama Mitra terkait,
di ruang banmus DPRD Babel, rabu (28/07/2021)

Yang tak kalah penting, menurut Srikandi dari fraksi PKS DPRD Babel ini, yakni sumber daya manusia (SDM) yang menangani masalah kearsipan, sebab, katanya, kearsipan harus dikelola dan ditangani oleh SDM yang betul-betul paham dan mengerti tentang kearsipan.

“Untuk arsip itu memang ada orang khususnya ataupun yang dibilang Arsiparis. Untuk Bangka Selatan, mereka punya 4 arsiparis. Itu baru bangka selatan bagaimana dengan Bangka yang lainnya seperti Bangka Barat, Bangka tengah. Ini sangat perlu kita perhatikan”, terangnya.

Lebih jauh Ketua pansus, mengatakan pengelolaan kearsipan mulai dari tingkat desa, kecamatan hingga provinsi masih perlu diperhatikan, sebab menurutnya, masih banyaknya SDM yang beranggapan bahwa kearsipan tersebut kurang penting, sehingga pekerjaan menjadi terhambat yang diakibatkan berbagai faktor seperti gaji atau tunjangan.

Ia menyarankan, untuk memotivasi SDM yang bertugas pada pengelolaan kearsipan harus di beri tunjangan khusus. sehingga pengelola kearsipan punya semangat dan tanggung jawab terhadap keberlangsungan kearsipan.

“Yang harus kita tindaklanjuti dan di tindaktegas bahwa yang memegang arsip tadi. Itu harus kita beri sanksi ataupun kita atur sebagaimana rupanya agar ketika arsip dipegang sama yang bersangkutan. Besok-besoknya walaupun dia tidak ada pun arsip tetap ada”, sarannya.

Reporter : Budi

News Feed