oleh

Guna Wujudkan Profisional dalam Kedisiplinan Kodim 0429/Lamtim Gelar Penyuluhan Bintal Terpadu

Guna Wujudkan Profisional dalam Kedisiplinan Kodim 0429/Lamtim Gelar Penyuluhan Bintal Terpadu

LAMPUNG TIMUR – Dalam rangka mewujudkan dan meningkatkan Disiplin, Profesional serta bermoral, Kodim 0429/Lamtim menggelar bintal terpadu tuju pelanggaran berat yang harus dihindari Prajurit dan PNS, kegiatan berlangsung di Aula Makodim, Senin (26/7/2021).

Pejabat Korem 043/Gatam yang hadir dalam acara sekaligus sebagai narasumber penyuluhan, Pasibinpers Korem 043/Gatam Mayor Inf. D. B Harahap S.sos, Kakum Rem 043/Gatam Mayor Chk. Heryanto. SH dan Paur Rohis Bintal Rem 043/Gatam Letda Inf. Sudarto.

Dandim 0429/Lamtim Letkol Kav. Muhammad Darwis melalui Kasdim Mayor Kav. Joko Subroto menyampaikan,”kegiatan penyuluhan Pembinaan Mental (Bintal) terpadu tujuh pelanggaran berat yang harus dihindari oleh Prajurit dan PNS ini sesuai dengan petunjuk dari Komando atas dalam hal ini Surat Telegram Danrem 043/Gatam nomor ST/370/2021 tanggal 5 Juli 2021,” jelasnya.

“Kegiatan seperti ini jarang kita laksanakan, oleh karenanya Prajurit dan PNS yang hari ini bisa hadir agar benar-benar menyimak, tanyakan hal yang kiranya belum jelas sehingga apa yang akan menjadi tujuan dari dilaksanakanya penyuluhan bintal terpadu bisa tercapai,” tandasnya.

Sementara Pasibinpers Korem 043/Gatam Mayor Inf. D. B Harahap S.sos menyampaikan, “Adapun 7 pelanggaran berat dosa besar TNI yang dimaksud diantaranya, penyalahgunaan senjata api, Narkoba, disersi isubordinasi, perkelahian sesama anggota TNI/POLRI, asusila, tindakan backing/ illegal loging.”

“Maka itu saya minta kepada seluruh Anggota Kodim 0429/Lamtim untuk hindari 7 dosa besar TNI tersebut. Apalagi terhadap Narkoba, selain penjara sudah pasti menanti, pemecatan itu sudah pasti,” pesan dia.

Pada kesempatan tersebut Pasibinpers juga menambahkan,”jadilah Prajurit yang mempunyai arti bagi diri sendiri, keluarga, satuan dan masyarakat yang selalu dicintai rakyat di lingkungan dengan tidak melakukan pelanggaran sekecil apapun,” imbuhnya.

Mayor Inf. D.B. Harapahap juga meminta kepada jajaran Kodim 0429/Lamtim agar senatiasa selalu memperhatikan situasi dan kondisi Pandemi untuk selalu bersinergi bersama pemerintah dan masyarakat di wilayah satuan kerjanya untuk memutuskan mata rantai penyebaran wabah Covid-19.

Pihaknya juga mengajak kepada seluruh anggota agar selalu senantiasa menjaga kesehatan tubuh agar terhindar dari segala macam penyakit, apalagi terhadap kondisi Pandemi Covid-19.

“Sempatkanlah untuk selalu berolah raga setiap hari agar tubuh selalu sehat. Serta dekatkanlah diri kepada Allah SWT dalam ibadah, agar hidup kita selalu tenang, berkah, dan selalu berpikir positif,” ajaknya.

Sementara Paur Rohis Bintal Rem 043/Gatam Letda Inf. Sudarto menerangkan jika pengertian Bintal Rohani adalah kegiatan pembinaan rohani prajurit dan PNS untuk memelihara keimanan serta akhlak dan moral.

“Pengertian Prajurit Sapta Marga adalah prajurit yang kondisi jiwa moral & amal perbuatannya mencerminkan arti, makna, kaidah serta nilai
yang terkandung dalam Sapta Marga. Prajurit Sapta Marga adalah segala kegiatan untuk membentuk, memelihara dan meningkatkan penghayatan dan pengamalan nilai-nilai Sapta Marga bagi setiap prajurit serta mampu mengaktualisasikan dalam kehidupan sehari-hari,” tandasnya.

Kegiatan Bintal terpadu dihadiri juga oleh Perwira Staf dan Danramil Jajaran serta perwakilan Anggota Kodim 0429/Lamtim. (Ril)

News Feed