oleh

Avia Lovers Gelar Webinar Guna Mencari Resolusi Bisnis Cargo Dimasa Pandemi

JAKARTA – Penggiat Transportasi Udara – Avia Lovers menyelenggarakan Webinar Bincang Santai (Talkshow) bertemakan “Keberlangsungan Usaha Kargo Udara Selama Pandemi dan Paska Pandemi Covid-19 di Indonesia” melalui via zoom, Minggu (25/7/2021).

Turut hadir sebagai pembicara yaitu ; Jimmi Krismiardhi (Vice President Operation Anteraja), Adelina Yossy Elmira (Business Development Manager AAP), dan sebagai opening speech Novie Riyanto (Direkur Jenderal Perhubungan Udara). Webinar tersebut di moderatori oleh Toto Hardiyanto S (Executive Director LSP Avia Sentral Indonesia).

Webinar tersebut dihadiri ratusan peserta dari berbagai kalangan seperti ; praktisi penerbangan, pelaku bisnis usaha kargo, dan umum.

Capt. Otto Sigit Budianto Memberi Pandangan dalam Webinar

Dalam webinar tersebut pendiri Avia Cargo, Capt. Otto Sigit Budianto memberi apresiasi terhadap adanya political will pemerintah dalam membangun pemerataan infrastruktur di Indonesia. Hal tersebut memudahkan pengiriman logistik ke berbagai daerah, walaupun menurutnya saat masa pandemi logistik di Indonesia cukup stagnan dan cenderung mengalami penurunan karena produksi barang pabrikan berkurang, ujar Capt. Otto Sigit Budianto.

Tantangan terbesar ekspedisi saat pandemi menurut Jimmi Krismiardhi (Vice President Operation Anteraja) saat adanya pembatasan mobilitas masyarakat (PSBB dan PPKM) dan berkurangnya aktivitas sektor pendukung dalam transportasi udara sehingga dibutuhkan alternatif moda transportasi dan integrasi sistem dengan supporting partner. Selain itu perlunya menerapkan perlindungan terhadap seluruh karyawan dan masyarakat yaitu dengan cara memastikan protokol kesehatan berjalan dengan baik dan penyelenggaraan vaksinasi untuk karyawan.

Namun selama pandemi terdapat peningkatan transaksi online yang menjadikan pertumbuhan e-commerce naik signifikan. Jimmi menyebutkan Anteraja saat pandemi mengalami peningkatan operasi dalam pengiriman barang. Jimmi Krismiardhi tentunya memberikan strategi jitu yakni pentingnya kolaborasi 4 hal; teknologi, SDM, proses, dan infrastruktur.

Business Development Manager AAP Adelina Yossy Elmira melihat peluang terbesar bisa diraih para pengusaha kargo udara di masa pandemi melihat pola perilaku masyarakat yang berubah kebanyakan tren belanja melalui online sehingga berpengaruh signifikan terhadap produktivitas operasional cargo. (Ar)

News Feed