oleh

Dinkes Rutin Gelar Sosialisasi Germas, Nani: Membangun Daerah Melalui Germas

MUNA BARAT – Kepala Dinas Kesehatan Muna Barat, LM Ishar Masiala, membuka kegiatan Pergerakan Germas Berkala Berkesinambungan di Semua Tatanan di Kabupaten Mubar Tahun 2021.

Ishar menyampaikan bahwa melalui Instruksi Presiden (INPRES) nomor 1 tahun 2017 tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat, pemerintah dengan melibatkan pemangku kepentingan, swasta, akademisi, LSM dan sektor-sektor lainnya agar dapat berperan serta dalam pembangunan kesehatan dengan menekankan pada upaya promotif dan preventif.

“Untuk mewujudkan gerakan masyarakat hidup sehat dapat dilakukan melalui peningkatan edukasi hidup sehat, peningkatan kualitas lingkungan, peningkatan pencegahan dan deteksi dini penyakit, penyediaan pangan sehat dan percepatan perbaikan gizi, peningkatan perilaku hidup sehat dan peningkatan aktivitas fisik. Mari kita semua mewujudkan gerakan masyarakat hidup sehat melalui upaya kampanye gerakan masyarakat hidup sehat dengan menggerakkan seluruh elemen melalui penyelenggaraan kemitraan, pemberdayaan masyarakat dan penyebarluasan informasi,” ujar Ishar, Selasa (12/07/2021)

Sementara itu, Kabid Kesmas, Nani Suharni mengatakan bahwa masalah kesehatan yaitu perilaku hidup tidak sehat di masyarakat dapat mempengaruhi dan menjadi ancaman bagi produktivitas bangsa apabila derajat kesehatan terganggu oleh penyakit.

“Saya mengharapkan agar para peserta dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik dan semoga kegiatan ini dapat menginspirasi dan menyemangati kembali semua OPD dalam menyusun rencana-rencana kegiatan untuk mendukung germas yang dapat dirasakan langsung manfaatnya oleh masyarakat,” ucapnya.

Lebih lanjut, Nani menyampaikan bahwa tujuan dari kegiatan ini yaitu tersampaikannya program “Bunda Germas” yang bermakna membangun daerah melalui gerakan masyarakat hidup sehat, adanya kesepakatan dan komitmen implementasi pergerakkan germas yang dilakukan secara berkala dan bersinambungan disemua tatanan di Mubar dan tersusunnya dokumen rencana kegiatan implementasi germas oleh OPD, organisasi profesi,organisasi kemasyarakatan, swasta, akademisi dan sektor lain. Tutupnya.

Penulis : Sacriel

 

News Feed