oleh

Kabar Gembira Tahun 2022, Pemda Mubar Bakal Bangun Puskesmas Bero

MUNA BARAT –Tahun 2022 nanti, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Muna Barat (Mubar), Provinsi Sulawesi Tenggara akan membuka dan membangun satu puskesmas baru di Kepulauan Kecamatan Tiworo Utara yang bertempat di Desa Bero, Kecamatan Tiworo Utara (Tirut).

Hal itu diungkapkan oleh Kepala Dinkes Mubar, LM Ishar Masiala saat dihubungi melalui telpon selulernya, Minggu (11/07/2021).

“Jadi, kemarin kami sudah berkunjung di Desa Bero terkait persiapan pembentukan Puskesmas Bero. Dan kita juga sudah menemui masing-masing empat wilayah keterwakilan tugas Puskesmas Bero yakni Desa Bero, Santigi, Mandike dan Desa Tasipi,” ujar LM Ishar Masiala.

Perlu diketahui kata Ishar, Puskesmas Bero ini melayani Desa Bero, Santigi, Mandike dan desa Tasipi. Puskesmas Bero ini dibentuk dan dibangun karena jarak Puskesmas Tondasi dengan keempat keterwakilan wilayah yang berapa di pulau ini sangat jauh dan butuh waktu kurang lebih dua jam untuk sampai di Puskesmas Tondasi.

“Insya Allah usai lebaran Idul Adha ini, Puskesmas Bero ini sudah bisa melayani dengan menggunakan gedung Poskesdes sementara. Sambil kita menunggu izin operasional puskesmas,” tuturnya.

Lanjut kata Ishar, sementara ini pihaknya telah melakukan pengurusan izin operasional Puskesmas Bero.

“Kita sementara urus izin operasionalnya. Saya juga meminta Kabid Yankes untuk ke Kendari membawa dokumen penerbitan surat izinnya,” ungkapnya.

Ishar pun berharap dengan adanya Puskesmas Bero ini dapat meningkatkan dan mendekatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat yang berada di pulau-pulau. Dan masyarakat juga dapat menikmati pelayanan gratis tanpa harus mengeluarkan biaya lagi.

“Pembangunan gedung Puskesmas Bero ini, kita akan mengusulkan pada DAK Fisik tahun 2022 atau DAK Fisik APBN 2023. Untuk sementara kita pakai dulu Poskesdes yang ada. Rencana Tahun ini, namun adanya Refocusing, maka kita anggarkan Tahun depan. Dan sementara anggaran pelayanan kesehatan di Puskesmas Tondasi akan kita bagi ke Poskesdes Bero,” tutupnya.

Untuk diketahui bersama warga 4 wilayah keterwakilan Poskesdes Desa Bero sangat bahagia, senang dan menyambut hangat adanya rencana pembentukkan dan pembangunan Puskesmas Bero

Reporter: Sacriel

News Feed