Lampung Timur

Dandim 0429/Lamtim Hadiri Acara Penanda Tanganan Nota Kerjasama Optimasi Lahan Rawa Provinsi Lampung

×

Dandim 0429/Lamtim Hadiri Acara Penanda Tanganan Nota Kerjasama Optimasi Lahan Rawa Provinsi Lampung

Sebarkan artikel ini

LAMPUNG TIMUR – Komandan Korem 043/Gatam Brigjen TNI Drajad Brima Yoga S.I.P., M.H menanda tangani Nota Kesepahaman dan Perjanjian Kerjasama Kegiatan Optimasi Lahan Rawa Provinsi Lampung Tahun Anggaran 2021,bertempat di Aula Ahmad Yani Makorem 043/Gatam, Jl. Tengku Umar No. 85 Kelurahan Penengahan, Kecamatan Kedaton Kota Bandar Lampung, Jum’at (9/7/2021).

Turut hadir dalam kegiatan penanda tanganan, Kepala Dinas Pertanian Ketahanan Pangan Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Lampung, Ir.Kusnadi,Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Lampung Selatan Ir.Bibit Purwanto, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Pesawaran Anca, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Mesuji Pariman, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Tulang Bawang Nurmansyah, dan Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Lampung Timur David, Kasi Ops Kasrem 043/Gatam Kolonel. Inf Benny Suharto,Dandim 0429/Lampung Timur Letkol Kav. Muhammad Darwis, Dandim 0421/Lampung Selatan Letkol Inf Enrico Setiyo Nugroho, S.Sos.,M.Tr.(Han), Dandim 0426/Tulang Bawang Letkol Kav. Joko Sunarto S.Sos.,M.Han.

Click Here

Dalam sambutannya Danrem menyampaikan sangat mendukung program pemerintah ini dalam rangka pencapaian swasembada pangan, Kementrian Pertanian (Kementan) dengan Tentara Nasional Indonesia (TNI) untuk mengawal peningkatan produksi komoditas pertanian, “hal ini sesuai Nota Kesepahaman antara Kementrian Pertanian dengan TNI tentang dukungan Pelaksanaan Program Pembangunan Pertanian No: 10/MoU/HK.220/M/4020 dan No: NK/10/IV/2020/TNI tanggal 1 April 2020 Serta Perjanjian Kerjasama antara Dirjend. Prasarana dan Sarana Pertanian Kementerian Pertanian dengan TNI-AD tentang program kerja sama dalam mendukung ketahanan pangan melalui penyediaan Prasarana dan sarana Pertanian No: PKS/B/08/2020 dan No: PKS/23/VIII/2020 tanggal 13 Agustus 2020,” terangnya.

Lebih lanjut Danrem menyampaikan,”pada tahun 2021 provinsi Lampung mendapatkan alokasi kegiatan optimasi lahan rawa seluas 4.000 ha yang tersebar di Lima Kabupaten yaitu, Lampung Selatan, Pesawaran, Mesuji, Tulang Bawang dan Lampung Timur masing-masing seluas 800 ha. Dari 5 Kabupaten ini masuk dalam wilayah kerja Kodim jajaran Korem 043/Gatam yaitu, Kabupaten Lampung Selatan dan Pesawaran masuk dalam wilayah Kodim 0421/Lampung Selatan, Kabupaten Tulang Bawang dan Mesuji masuk dalam wilayah Kodim 0426/Tulang Bawang dan Kabupaten Lampung Timur di dalam wilayah Kodim 0429/Lampung Timur,”

“Dalam rangka peningkatan Prasarana dan Sarana Pertanian jajaran Kodam II Sriwijaya khususnya Korem 043/Garuda Hitam pada beberapa tahun kebelakang telah menjalin kerjasama dengan pihak Dinas Ketahanan Pangan Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Lampung, seperti kegiatan cetak sawah sejak tahun 2016 sampai dengan 2019, serta kegiatan brigade Alat dan Mesin Pertanian di seluruh Kodim yang tersebar di Provinsi Lampung, dan tentunya kegiatan-kegiatan pendampingan pembangunan pertanian lainnya.”

“Kami merasakan pembangunan pertanian sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat terutama dipedesaan, yang tentunya diharapkan dapat meningkatkan stabilitas keamanan di daerah. Semoga kerjasama ini dapat terus ditingkatkan untuk mendukung program nasional dalam rangka mewujudkan Indonesia Lumbung Pangan Dunia 2045. Kepada jajaran TNI di daerah kami menghrapkan dapat bekerjasama dengan jajaran pertanian di daerah,” pungkas Brigjen TNI Drajad Brima Yoga S.I.P., M.H.

Kegiatan yang berlangsung di tengah wabah virus Corona dilaksanakan dengan protokol kesehatan Covid-19 seperti memakai Masker, menjaga jarak serta menjaga kebersihan dengan mencuci tangan. (Ril)

Eksplorasi konten lain dari Sekilas Indonesia

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan Membaca

%d