oleh

Kadis Perkebunan Kolut, Gelar Aksi Penanaman Kakao Secara Serentak

KOLAKA UTARA – Aksi Penanaman Kakao Bersama, Kegiatan Pengembangan Kapasitas Kelembagaan Petani di Desa Lawaki Jaya Kecamatan Tolala Tahun Anggaran 2021, Selasa 6 juli 2021.

Kadis Perkebunan dan Peternakan Ismail Mustafa, ST. : Kegiatan hari ini ada 2 yaitu Aksi Penanaman Kakao dan Kunjungan ke lokasi Peternakan ayam petelur dimana sudah mulai produksi.

Bibit Kakao yang akan ditanam merupakan bantuan pertama dari program revitalisasi Kakao untuk Kecamatan Tolala dimana setelah dilihat dari tanaman kakao masyarakat ternyata tanaman kakao yang ada di Lawaki Jaya tumbuh dengan baik dan subur.

Untuk Peternakan ayam petelur ada dua desa yaitu Desa Lawaki dan Patikala menjadi lokasi percontohan peternakan ayam petelur dan sudah berproduksi dan tahun ini akan dilanjutkan diberikan kembali bantuan kepada masyarakat.

Harapannya dengan peternakan ini maka kebutuhan akan telur di Kec. Tolala bahkan daerah bisa terpenuhi dan dapat meningkatkan kesejahtraan masyarakat.

Kegiatan Aksi Penanaman Kakao yang rencananya dihadiri Bupati Kolaka Utara Drs. Nur Rahman Umar , MH., Namum karena ada kegiatan yang bertepatan maka diwakili oleh Asisten III (Ir. Idris, MM).

Ir. Idris, MM. ” kakao merupakan tanaman ekspor yang harganya cenderung stabil, beda dengan komoditi lain yang harganya fluktuatif” .

Program Revitalisasi merupakan cara untuk mengembalikan kejayaan kakao seperti masa yang lalu dengan harapan coklat bisa jadi ikon Kolaka Utara dan meningkatkan kesejahtraan masyarakat.

Untuk mencapai tujuan itu kini sudah ditunjang dengan adanya pabrik kakao, tak lupa pula beliau berpesan agar masyarakat yg dapat bantuan bibit supaya ditanam dan dirawat, ” jangan setelah ditanam dibiarkan tanpa perawatan/pemeliharaan”.Tutupnya.

(Rusmail)

 

News Feed