oleh

Molen Hadiri Peresmian Musholla Al-‘ADL

PANGKALPINANG,- Walikota Pangkalpinang, Maulan Aklil (Molen) menghadiri peresmian Musholla Al-‘ADL, tasyakuran kenaikan Kelas 1A Pengadilan Negeri (PN) Pangkalpinang, dan juga launching lima inovasi PN Pangkalpinang, Senin (28/6/2021).

Pada kesempatan itu, Walikota Molen memberikan apresiasi kepada PN Pangkalpinang yang telah membuat lima inovasi atau terobosan yang positif untuk memberikan kemudahan pelayanan bagi masyarakat.

“Saya mewakili masyarakat Kota Pangkalpinang mengucapkan terima kasih karena kami mendapatkan pelayanan (lima inovasi-red) itu. Oleh karenanya ini kami sangat syukuri,” ucap Molen dalam sambutannya.

Molen mengaku siap bersinergi dan berkolaborasi dengan PN Pangkalpinang dalam pelaksanaan lima inovasi tersebut.

“Kami siap bersinergi, berkolaborasi, karena tanpa bantuan Pak Victor (Ketua PN Pangkalpinang-red), saya sulit menjalankan tugas sebagai walikota,” ujarnya.

Sebelumnya, Ketua PN Pangkalpinang, Victor Togi Rumahorbo mengatakan, peluncuran lima inovasi ini merupakan salah satu upaya PN Pangkalpinang untuk meningkatkan integritas dan performa aparat pengadilan dan pelayanan kepada masyarakat.

“Untuk itu PN Pangkalpinang menyuguhkan kepada penerima layanan dengan berbagai inovasi-inovasi,” ujarnya.

Adapun lima inovasi tersebut, yakni :

1. Inovasi Lantik atau Layanan Center Publik merupakan layanan pusat informasi dan pengaduan yang disediakan oleh PN Pangkalpinang, yang dapat diakses melalui telepon seluler dan Aplikasi Whatsapp.

2. Inovasi PETALING atau PTSP Keliling merupakan PTSP yang berada di luar lingkungan kantor PN Pangkalpinang, yang dilaksanakan oleh unit kerja PTSP, dimana penempatannya disesuaikan dengan kebutuhan pengguna layanan PTSP.

3. Inovasi PELIHARA PUTUSAN atau Penyerahan Petikan dan Salinan Putusan Pada Hari Pengucapan. Inovasi ini salah satunya berguna untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik dengan tercapainya peradilan cepat, sederhana, dan biaya ringan

4. Inovasi Aplikasi e-SUKA atau elektronik Surat Kuasa merupakan aplikasi berbasis web yang digunakan untuk membantu memudahkan dan mempercepat para penasehat hukum untuk mendaftarkan surat kuasa ke PN Pangkalpinang.

5. Inovasi SI PENGALAMAN atau Pengadilan dalam Genggaman merupakan sebuah aplikasi dengan beragam pelayanan dalam satu tujuan yakni, memberikan pelayanan terbaik melalui kemudahan mengakses pelayanan bagi masyarakat pencari keadilan dan pengguna layanan PN Pangkalpinang.

Kegiatan acara launching inovasi ini dibuka secara resmi oleh Dirjen Badan Peradilan Umum Mahkamah Agung RI, Prim Haryadi, dan turut dihadiri oleh Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Pangkalpinang, Jefferdian serta tamu undangan lainnya.(*)

News Feed