oleh

Sekda Radmida Himbau Pengadaan Toilet Umum Kepada Pengelola Wisata

PANGKALPINANG, – Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Pangkalpinang Radmida Dawam meminta kepada para pengelola wisata di Pangkalpinang untuk menyediakan pengadaan toilet umum yang memadai. Hal ini sebagai bentuk perhatian dirinya terhadap sarana dan prasarana penunjang di setiap destinasi wisata.

Demikian disampaikan Sekda Radmida usai memberikan sambutan pada Pelatihan Pengelolaan Toilet di Destinasi Wisata oleh Dinas Pariwisata Kota Pangkalpinang, Selasa (22/6/2021).

“Ini penting, karena merupakan wajah kebersihan destinasi wisata kita, yang dilihat wisatawan itu adalah toiletnya. Kalau tidak bersih, memadai, dan aman, bagaimana orang mau datang,” kata Sekda.

Dalam kesempatan itu, Radmida pun memberikan apresiasi atas pelatihan yang diselenggarakan Dinas Pariwisata, karena memberikan pengetahuan kepada pengelola mengenai standar pengadaan toilet.

“Apalagi perempuan, toilet bersih dan nyaman itu yang utama. Para pengelola dapat tahu bersihnya toilet seperti apa, standarnya seperti apa, dan toilet yang benar seperti apa,” ujarnya.

Selain itu, menurut dia, pengelola wisata harus menyediakan sarana toilet perempuan lebih banyak dari laki-laki.

“Untuk proses buang air kecil saja perempuan lama, dan toilet-toilet di sekolah harus lebih banyak dari pada laki-laki. Jadi program ini pun sudah responsif gender, ini harus diubah strateginya, harus lebih banyak perempuannya,” ujarnya.(*)

News Feed