oleh

Regenerasi Rajiun Tumada – Jadi The Winner di Kejurda Forki dan Popda, Wa Ode Virda Tumada Wakili Sultra di Ajang Nasional

MUNA – Regenerasi Sensei Ketua LEMKARI SULTRA, La Ode M. Rajiun Tumada yang tidak lain keponakannya menjadi penerus prestasi Sensei Rajiun Tumada. Adapun nama keponakannya yakni Wa Ode Virda Tumada.

Menurut cerita Simpai Wa Ode Virda Tumada, Nurlin mengatakan bahwa sejak usia 12 tahun tepatnya kelas 1 smp Virda mulai mengenal dunia karate.

“Awalnya ia hanya mengikuti teman-temannya latihanan dan tidak ada niatan untuk bertanding. tetapi semakin lama semakin ada motivasi untuk mengikuti pertandingan. Setelah ia mengikuti pertandingan pertamanya di kejurnas, ia mulai terdorong untuk berlatih lebih giat dan mempunyai target untuk di kejuaraan selanjutnya. Awalnya mengikuti kejurnas Inkado Jakarta mendapatkan juara 2 di kelas kadet kemudian berlanjut O2SN tingkat kabupaten kemudian lanjut ke tingkat provinsi tetapi karena pengalaman yang masih kurang sampai ke tingkat provinsi saja, setelah itu berlanjut ke Porprov kolaka tahun 2018 dengan usia yang begitu dini tepat nya yang belom di ikut sertakan di dalam Porprov tetapi karena keberanian nya dan keuletan dalam berlatih dan akhirnya dia berhasil mengikuti seleksi Porprov dan lolos dalam seleksi mewakili Kabupaten Muna dan ia atlet termuda di seluruh peserta team karate Porprov sesultra,” ujar Nurlin, Senin (21/06/2021).

Lebih lanjut Nurlin menyampaikan Wa Ode Virda Tumada kembali muncul kemauannya untuk mengikuti kejuaraan dalam seleksi piala panglima.

“Alhamdulillah Virda meraih juara 2 di kelas kadet tetapi ketidakpuasaanya dia dan tanpa putus asa Virda Tumada tetap terus berlatih dengan giat walaupun tanpa iven yang di ikuti dan juga dengan keterbatasan alat dan tempat anak ini lebih giat lagi untuk berlatih di taun 2019 Kabupaten Muna mengadakan kejuaraan Inkado dan mendapatkan juara 1 berlanjut lagi di tahun yang sama di bulan Desember UHO mengadakan open turnamen Karate se-Sulawesi tenggara dan Alhamdulillah Virda mendapatkan juara 1 di kelas kadet, tetapi pada tahun 2020 dengan adanya covid semua Iven di tutup akan tetapi anak ini tetap berlatih di rumah saja dengan latihan di halaman rumahnya dengan dukungan orang tua yang luar biasa padal akhirnya di tahun 2021 perdan di adakan seleksi Popda (pekan olahraga pelajar daerah).

Alhamdulillah mendapat juara satu di kelas nya dan mendapatkan pula juara satu best of the best dari 100 peserta yang mewakili Sulawesi Tenggara satu putra dan satu putri dan putrinya ialah Virda Tumada sebagai perwakilan dari Kabupaten Muna yang akan wakil Sultra di ajang Popnas,” tuturnya.

Selain itu, Nurlin menyebut jika Virda Tumada tetap dan terus berlatih persiapan seleksi Kejurnas Forki di Kendari.

“Alhamdulillah kemarin, ia meraih juara 1 di kelas junior dan sekaligus mewakili Sultra di ajang kejurnas Forki junior Jakarta timur
Alhamdulillah anak ini bukan hanya rajin dan ulet dalam berlatih tetapi motivasi untuk mengikuti semua Iven, di tambah lagi dengan dukungan orang tua serta teman-temanya yang begitu besar dari awal mulanya ia mengikuti Karate sampai sekarang. Anak ini bercita-cita mengikuti jejak kedua pamannya yakni Rajiun Tumada dan Daerah Hidayat Illahi. Dan satu mungkin yang saya sangat bangga dengan anak ini dia tidak pernah putus untuk berlatih dan tidak pernah ada kepuasan dalam dirinya untuk terus berlatih diapun belajar dari kesalahan dan mendengarkan apa yg diarahkan oleh pelatih,” terangnya.

Sementara itu ibu kandung dari Wa Ode Virda Tumada, Wa Ode Sitti Saban Illaihi merasa bangga atas prestasi yang diraih oleh anaknya yakni Wa Ode Virda Tumada.

“Kami sebagai orang tuanya, tentunya merasa senang, bahagia dan bangga akan prestasi yang diraih Virda. Dan kami tetap dan selalu memberikan dukungan selama ini. Dan kami orang tua tentunya berharap agar Virda tetap fokus pendidikan. Karir dan pendidikan tetap berjalan. Selamat ya nak, tetap berlatih, tetap raih mimpimu, kami mendukungmu nak,” ucapnya.

Untuk diketahui bersama, Wa Ode Virda Tumada merupakan Anak dari pasangan Suami-Istri LM. Ishar Masiala (Kadinkes Mubar) dan Wa Ode Sitti Saban Illaihi. Wa Ode Virda Tumada merupakan anak kedua, berusia 16 Tahun dan bersekolah kelas 2 di SMA 2 Raha dan Wa Ode Virda Tumada memiliki 3 saudara.

Reporter: Sacriel

News Feed