oleh

Pertumbuhan Listrik di Babel Masuk Prosentase Terbaik se-Indonesia

PANGKALPINANG –  Pertumbuhan listrik di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung hingga Mei tertinggi di Indonesia, yaitu sebesar 9,45 persen. Disusul dengan Sumatera Barat (6,68%), Kalimantan Barat (6,37%), Maluku (6,34%), dan Jawa Barat (6,29%). Jumat (11/O6).

“Secara prosentase, pertumbuhan listrik di Pulau Bangka Belitung adalah yang terbaik se-Indonesia yaitu dengan kenaikan sebesar 9,45% dari Januari sampai dengan sekarang, pertumbuhan tersebut didorong oleh berkembangnua usaha tambak udang. Sejalan dengan pertumbuhan ekonomi yang juga ikut meningkat,” ungkap General Manager PLN UIW Babel, Amris Adnan saat audiensi dengan Wakil Gubernur Babel di Kantor PLN pada Jumat (11/06).

Melihat pertumbuhan listrik yang tinggi tersebut, Wakil Gubernur Provinsi Bangka Belitung Abdul Fatah mendorong percepatan pembangunan Kabel Laut Sumatera – Bangka yang akan terbentang sepanjang 36 Km dari Kabupaten Banyu Asin ke Mentok itu.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada PLN yang terus berusaha meningkatkan pelayanan listrik di Pulau Bangka, khususnya dalam peningkatan pertumbuhan ekonomi di Pulau Bangka. Kami berharap pembangunan Kabel Laut dapat segera beroperasi,” ucapnya.

Lebih dari itu, Amris Adnan menargetkan pemasangan kabel laut tersebut rampung diakhir tahun 2021. Saat ini progres pemasangan kabel laut Sumatera-Bangka berada tahap pembangunan pada sisi transmisi di Palembang.

Kabel laut ini berdampak pada peningkatan daya mampu sistem kelistrikan Bangka dan dari segi lingkungan berdampak pada pengurangan polusi udara untuk menciptakan Green Babel yang sejalan dengan Transformasi PLN. Dengan peningkatan daya mampu sistem kelistrikan Bangka nantinya memberi peluang kepada Pemprov Babel untuk mengundang investor utk berinvestasi di Babel.

“Kami mohon dukungan dari seluruh stakeholder dan masyarakat Bangka Belitung agar pembangunan ini berjalan lancar sehingga Bangka Belitung akan menjadi satu dengan Sumatera dalam satu sistem kelistrikan,” tutup Amris.(Budi)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed