Daerah

Komisi lV DPRD Babel Disambut Baik oleh Rektor UBB

×

Komisi lV DPRD Babel Disambut Baik oleh Rektor UBB

Sebarkan artikel ini

Babel – Komisi IV DPRD Babel yang dipimpin oleh Sekretaris Komisi, Ranto Sendhu bersilahturahmi ke Universitas Bangka Belitung (UBB) di Senin pagi kemarin (08/06). Ikut hadir dalam kegiatan ini Kabid.SMK Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Babel bersama jajarannya.

Disambut penuh hangat langsung oleh Rektor UBB, Dr. Ibrahim, M.Si yang juga didampingi Wakil Rektor dan beberapa pejabat UBB. Awali pertemuan, Ibrahim ucapkan terima kasih atas kedatangan Komisi IV. Dilanjutkan dengan diskusi, rektor termuda ini sampaikan keberadaan UBB adalah untuk mencerdaskan anak bangsa di daerah dan menghasilkan sarjana unggul di Bangka Belitung.

Click Here

“UBB menjadi perguruan tinggi negeri memang masih baru yakni sekitar 9 (sembilan). Dan untuk tiap tahunnya menerima sebanyak 1500 mahasiswa baru. Ini masih cukup rendah karena berdasarkan Angka tingkat partisipasi kasar untuk pendidikan ke perguruan tinggi, Babel baru mencapai 23%”, lengkapi penjelasan beliau.

Tanggapi ini, Ranto sampaikan ini menjadi tanggung jawab kita bersama. Pendidikan merupakan hal penting yang harus kita dukung semaksimal mungkin. Entah rendahnya minat ini karena faktor ekonomi atau lainnya, itu harus kita cari tahu.

“Kami hadir disini salah satunya untuk sharing terkait program beasiswa dari Pemprov bagi mahasiswa UBB”, tambah politisi Demokrat Dapil Kabupaten Bangka ini.

Turut bersama beberapa anggota komisi lainya yaitu Dody Kusdian, Marsidi, Harianto dan Toni Mukti. Politisi Fraksi PKS, Dody Kusdian juga tanyakan sejauh mana perkembangan rencana dibukanya Fakultas Kedokteran juga Kampus II UBB di Belitung.

Dijelaskan Ibrahim bahwa untuk Fakultas Kedokteran sedang dalam proses, memang tidak dalam waktu dekat tetapi sudah berproses cukup baik. Ini akan menjadi kebanggaan kita bersama, terlebih di Indonesia hanya dua (2) provinsi yang perguruan tinggi belum memiliki fakultas kedokteran yakni Babel dan Sulawesi Barat.

Pastinya kami juga butuh dukungan DPRD untuk anggarannya kedepan. Dan untuk rencana adanya Kampus II UBB di Belitung masih terus dikaji. Kami juga sudah bertemu dengan Bupati dan DPRD Belitung maupun DPRD Beltim. Semua memberikan respon positif.

Hal baik lainnya disampaikan yaitu UBB juga akan membuka 5 (lima) program studi baru tingkat Strata 1 dan 3 (tiga) program studi tingkat Strata 2 (magister hukum, magister pertanian dan manajemen). Mahasiswa UBB 15% berasal dari luar Babel dan yang bekerjasama untuk program Beasiswa ada Provinsi DKI Jakarta, Beasiswa Bank Indonesia bahkan beasiswa dari Luar Negeri.

Terkait beasiswa dari Pemprov Babel, di Tahun 2019 ada 30 mahasiswa, tahun 2020 sebanyak 26 mahasiswa dan di tahun ini belum ada. Beasiswa ini membebaskan pembayaran SPP.

Kabid.SMK, Saipul sampaikan hingga saat ini sudah 143 mahasiswa yang mengikuti program beasiswa dari Provinisi Babel ini. Menurunnya setiap tahun jumlah tersebut dikarenakan keterbatasan anggaran. Tidak hanya beasiswa untuk di UBB, yang lain pun ikut berpengaruh.

Akhiri diskusi, “Komisi IV harapkan Dinas Pendidikan dapat memprioritaskan dan meningkatkan jumlah beasiswa ini. Secara anggaran, pasti akan kami support karena pendidikan merupakan salah satu fokus kami”, tutupnya.

(Budi)

Eksplorasi konten lain dari Sekilas Indonesia

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan Membaca

%d