oleh

Menyelamatkan Pantai Pasir Kuning, Segera Terwujud

BANGKA BELITUNG,- Keinginan masyarakat Tempilang, Pemerintahan Bangka Barat, khususnya Desa Air Layang, untuk menyelamatkan pantai pasir kuning kawasan industri perjalanan di wilayahnya, tampaknya segera terwujud. Pasalnya, hari ini Selasa (6/7/21).

Komisi III DPRD Kep. Bangka Belitung (Babel) bersama Dinas PUPR Kep. Babel langsung menelaah kawasan bendungan yang akan melekat di kawasan pantai pasir kuning, Kabupaten Bangka Barat.

Berdasarkan informasi yang dihimpun wartawan, Kamis (08/07/2021), Aksan Visyawan, salah seorang Anggota Komisi III DPRD Bangka Belitung dari Fraksi PKS, mengatakan, kondisi kawasan pantai Laut Pasir Kuning saat ini sudah sangat mendasar, sehingga penting untuk menangani dan menyelamatkan kawasan wisata tersebut.

“Kami datang ke sini dengan Dinas PUPR Babel  perlu menyelamatkan pantai pasir kuning, karena pantai ini telah menjadi simbol industri perjalanan, terutama ketika bulan ruah digunakan untuk perang ketupat. Jadi, jangan biarkan wilayah ini tidak terselamatkan,” katanya.

Pantai ini, yang memiliki daya tarik karena pasirnya yang berwarna kuning telur, mengalami kehancuran di sepanjang pantai setiap tahun. Dengan demikian, tidak hanya akan membahayakan daya tahan para pemancing dan penghuni sekitar tetapi juga akan merugikan kawasan wisata.

Sementara itu, Kepala Dinas PUPR Kep. Babel, Jantani Ali mengungkapkan, perkembangan talud dengan menggunakan belanja ABPB yang umum akan segera dibuat, terutama di tempat-tempat yang paling mendasar dan mendesak.

“Insya Allah pembangunan kanal ini akan selesai dalam waktu 14 hari dengan memanfaatkan aset dari APBD Umum Bangka Belitung, idealnya dengan bantuan pendamping komisi III, kemajuan ini akan terjadi dengan aman tutupnya.(*)

News Feed