Daerah

Momentum Peringati Hari Lahir Pancasila, Iksan Iskandar: Pancasila Adalah Pemersatu

×

Momentum Peringati Hari Lahir Pancasila, Iksan Iskandar: Pancasila Adalah Pemersatu

Sebarkan artikel ini

JENEPONTO – Memperingati Hari lahirnya pancasila tepat pada tanggal 1 Juni setiap tahunnya di peringati.

Tahun ini peringatan hari lahir pancasila masih di suasana pandemi, sehingga dilaksanakan secara virtual, meski demikian tidak mengurangi Khidmat hari lahirnya pancasila sebagai ideologi dan dasar negara.

Click Here

Menanggapi, momentum peringatan hari lahir pancasila tahun ini. Bupati jeneponto H. Iksan Iskandar mengatakan bahwa pancasila adalah pemersatu bangsa artinya bahwa merupakan alat untuk menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Pancasila adalah pemersatu bangsa, Ini ditunjukkan dengan sila ketiga pancasila, sila Persatuan Indonesia yang menunjukkan pancasila menjunjung tinggi persatuan bangsa,” ungkap Iksan Iskandar, yang disampaikan oleh Kabag Protpim Mustaufiq lewat pesan tertulis, Selasa, (1/6/2021).

Lanjutnya, dikatakannya bahwa hadirnya pancasila sebagai dasar dan ideologi negara tidak dapat ditawar lagi, karena sudah menjadi urat nadi lahirnya bangsa indonesia seperti saat ini.

Olehnya, itu Ia pun mengajak seluruh elemen anak bangsa khususnya para generasi penerus bangsa untuk tetap tanamkan nilai luhur pancasila di seluruh sendi kehidupan karena didalamnya telah tercantum nilai keagamaan, kemanusiaan, persatuan, musyawarah mufakat serta ke gotong royongan.

“Dan berkeadilan yang semuanya tercermin di setiap sila dalam pancasila,” tutup Iksan Iskandar, meniru Mustaufiq.

(Firmansyah)

Eksplorasi konten lain dari Sekilas Indonesia

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan Membaca

%d