Daerah

Plt. Gub Sulsel Tinjau Penanaman Pohon Menuju Bandara di Toraja

×

Plt. Gub Sulsel Tinjau Penanaman Pohon Menuju Bandara di Toraja

Sebarkan artikel ini

TORAJA – Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman meninjau lokasi penanaman bibit pohon sepanjang jalan menuju Bandara Buntu Kunik Tana Toraja, Senin (24/5/2021).

Didampingi Bupati Tana Toraja Theofilus Allorerung, Andi Sudirman melihat langsung perkembangan bibit pohon yang ditanam sebulan silam. Dimana bibit pohon mahoni yang ditanam Andi Sudirman tampak tumbuh.

Click Here

Sebelumnya, Plt Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman melakukan penanaman pohon ini dirangkaikan pada Peringatan Hari Hutan Internasional di area jalanan Bandara Buntu Kunik Toraja, 10 April 2021 lalu.

“Kita meninjau bibit pohon yang sudah ditanami. Ada beberapa yang tumbuh dan yang diganti bibit yang baru (pohon yang layu),” ujar Andi Sudirman.

Dalam penghijauan di area jalanan Bandara ini, kata Andi Sudirman, turut dibantu penjagaannya oleh Pemerintah kabupaten Tana Toraja dan KPH Saddang 1. Bukan hanya di area masuk Bandara Buntu Kunik, kata Andi Sudirman, bahwa beberapa wilayah sekitar lainnya akan dihijaukan.

“Penanaman ini atas arahan dan instruksi bapak Presiden (Joko Widodo) untuk menghijaukan bandara ini. Agar ditanami supaya rindang dan sejuk. Kita juga ingin mengembalikan kejayaan pariwisata Toraja sama seperti Bali,” ungkapnya.

Sepanjang masuk jalan bandara sekitar 3,2 km telah ditanami beragam jenis bibit pohon. Seperti pohon mahoni, tabebuya, flamboyan, dan jenis lainnya. Sehingga tidak hanya rindang, pohon yang ditanami pun dipilih tanaman yang indah, seperti pohon tabebuya yang kerap dikira pohon sakura karena memiliki warna yang cantik.

Penanaman pun dilakukan bertahap, yang ditargetkan sekitar 3300 bibit pohon. Dimana jalur tengah telah ditanami sebanyak 640 pohon. Sementara area jalur kiri dan kanan masih dilakukan bertahap, mengingat masih ada beberapa dalam tahap ditimbun dan ditalud.

Dilakukannya penghijauan ini, diharapkan bisa meningkatkan kualitas lingkungan di sekitar bandara. “Penghijauan Bandara Buntu Kunik ini juga sebagai upaya menjaga keseimbangan ekosistem dan kualitas lingkungan,” ungkapnya.

Andi Sudirman berharap masyarakat untuk menanam pohon bersama serta memeliharanya. Apalagi, Pemprov Sulsel pun telah menginstruksikan dalam penanaman pohon bagi pelajar.

(Firmansyah/Rils)

Eksplorasi konten lain dari Sekilas Indonesia

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan Membaca

%d