oleh

Nahdliyyin Harus Selektif Berdonasi Untuk Palestina

KABUPATEN SERANG,- Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama atau PCNU Kabupaten Serang mengecam aksi serangan Israel di Jalur Gaza. Selain itu, Nahdliyin atau warga NU juga diminta mewaspadai permintaan sumbangan berkedok peduli Palestina, sehingga harus selektif dalam menyalurkan donasi. Penegasan disampaikan Wakil Ketua PCNU Kabupaten Serang, H.Abdul Gofur usai Kegiatan pengajian bulanan. Kegiatan berlangsung di Desa Ragas Masigit, Kecamatan Carenang, Kabupaten Seran Banten, Rabu Kemarin (19/05/2021).

Menurut Gofur, menyalurkan donasi kepada warga Palestina yang saat ini diserang Israel adalah sah adanya. Namun, warga Nahdliyin hendaknya tetap waspada agar bantuan yang telah sumbangkan tepat sasaran. “Yang harus diwaspadai itu adalah yang membuka donasi katanya untuk Palestina, tapi mohon maaf mereka himpun dana untuk kepentingan kelompok tertentu,” katanya.

Penghimpunan dana yang memanfaatkan isu peduli Palestina ini, kata Gofur harus diwaspadai keberadaanya. Jangan sampai warga salah berdonasi, apalagi bantuan tidak sampai untuk warga Palestina. ‘Kayak begini harus diwaspadai yang manfaatkan isu Palestina. Harus jeli mana yang digunakan untuk Palestina mana yang tidak. Yang kayak begini kita harus cerdas, ungkapnya.

Saya minta kepada warga Nahdiyin Banten wabil khusus Kabupaten Serang untuk mendonasikan kepedulian Palestina salurkan melalui LAZISNU sebuah Lembaga Amil Zakat, Infak, dan Sedekah Nahdlatul Ulama, sebagai sarana untuk membantu masyarakat, sesuai amanat muktamar NU yang ke-31 di Asrama Haji Donohudan, Boyolali, Jawa Tengah.

Terkait agresi militer dan serangan di Jalur Gaza, Pengasuh Pondok Pesantren Pancasila Sakti ini turut prihatin. Pemerintah Indonesia harus ikut memaksimalkan fungsi diplomasi internasional. Apalagidi Palestina ada tempat suci tiga agama yakni muslim, yahudi dan kristen. Intinya, penjajahan di atas dunia harus dihapuskan dan dilawan. Nah yang harus ditentang adalah Israel menjajah Palestina.  “Sekali penjajahan harus dilawan,” tandasnya.

(Bagindo Yakub)

 

News Feed