oleh

#Save Pelestina – LBHN Sultra Dukung Kemerdekaan Palestina, La Ode Aci: Indonesia Bersama Palestina

MUNA BARAT – Ketua LBHN Sultra La Ode Aci alias Arce mengatakan Indonesia merupakan salah satu negara yang berkomitmen dan konsisten mendukung kemerdekaan Palestina.

Saat ini, beberapa negara non-Arab yang mendukung penuh Palestina, yakni Turki, Iran, dan Indonesia. Partai Keadilan dan Pembangunan (AKP) yang dipimpin oleh Presiden Recep Tayyip Erdogan memiliki sikap yang tegas mendukung Palestina secara politik, dan ekonomi.

Kemudian Iran memberikan dukungan politik, ekonomi, dan militer kepada Palestina. Iran memberikan dukungan militer lewat Hizbullah di Lebanon, milisi-milisi Syiah di seluruh dunia melalui Suriah, dan membantu memberikan amunisi serta senjata lewat tentaranya secara langsung. Bahkan, Hamas juga mendapatkan dukungan amunisi dan senjata dari Iran.

Sementara itu, Indonesia memberikan dukungan secara politik kepada Palestina. Namun, dukungan tersebut tidak signifikan karena posisi Indonesia secara politik internasional tidak kuat.

Arce menilai, keanggotaan Indonesia sebagai anggota tidak tetap Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) tidak memiliki pengaruh kuat untuk menciptakan kemerdekaan di Palestina. “Secara ekonomi Indonesia tidak cukup kuat membantu Palestina. Tapi dukungan Indonesia sangat penting untuk kemerdakaan Palestina,” ujar La Ode Aci, Kamis (20/05/2021).

Arce mengatakan, bentuk dukungan nyata Indonesia kepada Palestina hanya dukungan moril. Namun dibandingkan dengan Turki dan Iran, Indonesia paling konsisten mendukung Palestina. Sejak meraih kemerdekaan dan berganti kepemimpinan, sikap serta dukungan Indonesia kepada Palestina tidak pernah berubah.

“Konsistensi antara rakyat dan pemerintahnya selalu sama, perbedaan agama di Indonesia tidak menyebabkan berkurangnya dukungan Indonesia terhadap Palestina. Ini kelebihan Indonesia,” tuturnya.

Perlu diketahui kata Arce, sebelum Erdogan diangkat sebagai presiden, Turki mendukung Israel. Hal ini dibuktikan dengan terciptanya hubungan diplomatik antara Turki dan Israel.

“Turki memiliki kedutaan besar di Tel Aviv dan Israel mempunyai kedutaan besar di Ankara. Namun, sejak Erdogan terpilih menjadi presiden, maka negara tersebut langsung mengubah haluan mendukung Palestina,” ucapnya.

Untuk itu, Arce berharap dan menghimbau kepada seluruh pengurus LBHN Sultra di 17 Kabupaten dan Kota untuk menyuarakan dan mendukung kemerdekaan Palestina.

“LBHN Sultra mendukung kemerdekaan Palestina, #Save Palestina,” pungkasnya.

Reporter: Sacriel

News Feed