oleh

Enam Fraksi DPRD Kabupaten Kolaka Utara Berikan Rumusan Rekomendasi LKPJ 2020

SEKILASINDONESIA.ID, KOLAKA UTARA – Enam Fraksi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah ( DPRD) Kabupaten Kolaka Utara memberikan Rumusan Rekomendasi

Terhadap Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban Bupati Kolaka Utara ( LKPJ) Tahun 2020, Bupati Drs. H. Nur Rahman Umar, MH. Melalui Penetapan Rapat Paripurna Tahun 2021. Senin, (03/04 /2021).

6 (enam) Fraksi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kolaka Utara Menyatakan Menerima LKPJ Bupati Kolaka Tahun 2020 untuk ditetapkan untuk kelancaran penyelenggaraan Pemerintahan Kabupaten Kolaka Utara ke depan.

Berdasarkan hasil pantauan Sekilas Indonesia di Aula Utama Rapat Sidang DPRD Kabupaten Kolaka Utara kecamatan Lasusua dalam sidang tersebut turut hadir Bupati Kolaka Utara bersama OPD dan Rapat Paripurna dipimpin Langsung oleh Ketua DPRD, Buhari Djumas dan seluruh Fraksi.

Juru Bicara dari Fraksi PPP, Mustamrin Saleh, membacakan Rumusan Rekomendasi Terhadap Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) Bupati Kolaka Utara Tahun 2020 sebagai mitra Pemerintah maka kami dari 6 Fraksi yang ada di DPRD memberikan Sejumlah Masukan dan saran dalam rangka mewujudkan Kolaka Utara yang madani. Ungkapnya dihadapan Peserta Rapat Sidang Paripurna.

Mustamrin Saleh membacakan Masukan dan Saran dari 6 Fraksi dihadapan Peserta Rapat Paripurna Sebagai berikut :

1. Fraksi Partai Demokrat.
Memberikan Apresiasi Kepada Bupati Kolaka Utara bersama jajarannya yang telah meningkatkan Kualitas di sektor Pertanian dan pendidikan serta memberikan dukungan terhadap semua kebijakan pemerintah daerah berdasarkan aturan yang berlaku.

2. Fraksi Partai PKB.
Memberikan saran kepada pemerintah daerah merupakan sebuah kewajiban yang tertuang dalam Misi Pemerintah Daerah dalam meningkatkan akses dan kapasitas pelayanan kesehatan lebih mudah, nyaman dan merata. Serta pengembangan dan memberdayakan pemuda wirausaha, Mandiri dan
Tangguh. Dan melakukan pemetaan kembali seluruh Pegawai dan berupaya mengembalikan pada posisi bidang ke ilmuan yang dimiliki ASN

3. Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI. P).
Mengingatkan pemerintah Daerah bahwa program Revitalisasi Cacao sudah memasuki tahun ke – 4 maka kami merekomendasikan kepada pemerintah daerah untuk melakukan penyebarluasan baik melalui gambar maupun video secar masif terhadap kebun yang telah berproduksi secara maksimal sehingga petani lain dapat memaksimalkan produksi cacao nya serta merekomendasikan akibat tidak maksimalnya anggaran APBD dampak dari covid 19 sehingga beban APBD berat Akibat dari pinjaman yang harus dibayarkan sehingga kami merekomendasikan kepada pemerintah daerah untuk melakukan perampingan OPD atau Dinas yang tidak dapat melaksanakan program kegiatan dengan maksimal. Selanjutnya bagi perusahaan yang menyelesaikan kegiatan pekerjaan fisik pengaspalan di olo – oloho sebaiknya diblacklist dan tidak di ikutkan lagi ke depannya. Dan target pembangunan yang tertunda akibat dampak covid 19 sebaiknya menjadi perioritas pembangunan di tahun berikutnya. Selain itu untuk semua OPD yang bergerak di pendapatan untuk menggali objek pendapatan yang baru untuk dijadikan sumber pendapatan yang baru bagi Daerah. Sementara di Kesehatan, terkait beberapa persoalan BLUD Djafar Harun kami harapkan kepada pemerintah daerah untuk mengevaluasi kembali terhadap pelayanan Rumah sakit agar semua pasien mendapatkan pelayanan yang sama.

4. Fraksi Partai Bulan Bintang.
Menyampaikan terima kasih kepada Bupati Kolaka Utara atas jawaban yang telah disampaikan kepada kami atas beberapa pertanyaan dan saran yang telah kami ajukan.pada saat Rapat Paripurna sebelumnya terkait penggunaan anggaran selama tahun 2020.

5. Fraksi Karya Indonesia Raya(Golkar dan Gerindra).
Merekomendasikan kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan agar segera melakukan kerja sama dengan Sat – Pol PP tentang pengawasan asset daerah terkait penggunaan mobil Bus Sekolah di setiap Desa. Dan meminta kepada Dinas PMD untuk melakukan pengukuran arah kiblat di setiap Desa masing – Masing pada Kementerian Agama demi kenyamanan masyarakat kolaka utara melakukan beribadah menuju madani. Serta meminta kepada pemerintah daerah juga harus lebih berkomitmen Menegakkan perda nomor 07 tahun 2015 tentang kawasan tanpa Rokok.

6. Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP).
Saran dan masukan sebagai wujud komitmen kami untuk melakukan perbaikan kedepan. Meminta kepada Dinas Pekerjaan Umum untuk memperhatikan program pembangunan Infrastruktur yang berhubungan dengan Desa agar dapat menunjang keberhasilan perekonomian masyarakat Desa terutama Jalan Usaha Tani, Jembatan dan Irigasi. Kedua meminta kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan untuk tetap melanjutkan programnya selama ini sudah berjalan, seperti Pagar, RKB dan Bus Sekolah mengingat masih terdapat sekolah dan Desa yang belum dapat program tersebut. Dan kami juga berharap selain mahasiswa yang melanjutkan pendidikan program S1 jurusan Guru yang sudah mendapatkan program beasiswa gratis. Kami juga berharap agar mahasiswa yang melanjutkan pendidikan S2 jurusan Guru agar kiranya mendapatkan beasiswa, selain itu kami meminta kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan agar pemerataan guru dapat diperhatikan terutama sekolah di wilayah pegunungan. Dan kami juga meminta kepada Dinas Kesehatan untuk terus melanjutkan dan dipertahankan program BPJS gratis bagi masyarakat kurang mampu.

Diwaktu yang sama, Bupati Kolaka Utara, H. Nur Rahman Umar, menyampaikan tentang Rapat Paripurna DPRD tanggal 16 April 2021 yang lalu, “Saya sudah menyampaikan pidato pengantar Laporan Keterangan Pertanggungjawaban Bupati Kolaka Utara tentang penyelenggaraan pemerintahan daerah Kabupaten Kolaka Utara Tahun 2020 yang memuat informasi dan gambaran terhadap hasil kerja penyelenggaraan
pemerintahan selama setahun, untuk kemudian dibahas oleh DPRD Kabupaten Kolaka Utara,” terangnya.

Untuk itu, lanjutnya, dalam kesempatan ini, saya menyampaikan ucapan terima kasih kepada Ketua, Wakil Ketua dan seluruh anggota DPRD kabupaten Kolaka Utara yang telah melakukan pembahasan dan membuat catatan strategis atau rekomendasi sebagai wujud perhatian dari DPRD Kabupaten Kolaka Utara untuk dijadikan saran dan bahan masukan, guna melakukan perbaikan-perbaikan dalam penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan
serta peningkatan pelayanan kepada masyarakat.

“Selaku Kepala Pemerintahan, saya sangat menghargai dan memaknai rekomendasi yang disampaikan sebagai wujud kepedulian dan kesungguhan dari segenap anggota Kinerja DPRD Kabupaten Kolaka Utara terhadap Penyelenggaraan Pemerintahan, Pembangunan dan Kemasyarakatan di daerah ini. Karena itu, segala saran, masukan, atau kritikan yang tertuang dalam poin-poin catatan strategis atau rekomendasi dari anggota dewan yang terhormat, merupakan bahan yang sangat berharga, yang akan ditindaklanjuti demi optimalisasi kinerja pemerintahan,” bebernya.

Reporter : Rusmail.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed