Kota Metro

Walikota Wahdi Resmikan Pelatihan Pertanian Teknologi Semai Kering Padi IP 400

×

Walikota Wahdi Resmikan Pelatihan Pertanian Teknologi Semai Kering Padi IP 400

Sebarkan artikel ini

KOTA METRO – Walikota Metro Wahdi resmikan Pelatihan Petani Penangkar Benih dan Teknologi Semai Kering Padi IP 400, di Bumi Perkemahan Sumbersari Bantul, Kamis (22/04/2021).

Dalam sambutannya, Wahdi menyampaikan saat ini Pemerintah Provinsi Lampung telah menetapkan Program Sekampung Sistem, untuk memenuhi kebutuhan air bagi lahan pertanian padi di wilayah Lampung Tengah, Lampung Timur dan Kota Metro.

Click Here

“Program ini dimaksud agar di musim kemarau petani tetap menanam padi dan komoditas lainnya. Namun demikian, untuk mendukung kesuksesan, diperlukan teknologi yang tepat guna dan efisien, salah satunya teknologi semai kering. Samai kering menjadi pilihan utama untuk mempercepat tanam, sehingga sistemnya marathon cara mengolah tanah dan semai dilakukan bersamaan di tempat yang berbeda,” ujar Wahdi.

Wahdi juga mengatakan luas wilayah Kota Metro 6.874 Ha, 2.984m2 merupakan sawah irigasi teknis. Sawah tersebut dibagi atas dua daerah irigasi sekampung sistem yaitu Sekampung Bunut dan Sekampung Batanghari.

“Saya berpesan dari pelatihan, untuk dapat diikuti dengan sungguh-sungguh penuh semangat dan tetap menjaga protokol kesehatan. Serta saya berharap, dengan kegiatan ini akan lebih menambah pengetahuan dan keterampilan petani dalam melaksanakan usaha tani padi untuk dapat mencapai IP 400,” katanya.

Di akhir penyampaian, Wahdi menekankan bahwa, Pemerintah Provinsi Lampung dan Pemerintah Pusat untuk mendukung terlaksananya program IP400, ini dengan penyediaan alat dan mesin pertanian untuk pengelolaan lahan penanaman dan panen. (Ril)

Eksplorasi konten lain dari Sekilas Indonesia

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan Membaca

%d