oleh

Pembangunan Sarang Burung Walet di Lubuk Besar Diduga Ilegal

BANGKA TENGAH-Pembangunan Usaha Sarang Burung Walet Rumahan yang tidak tau milik atau kepunyaan Perseroaan Terbatas (PT) apakah commanditaire venootschap atau perseroan komanditer (CV) siapa, yang berdiri dikawasan Jalan RT 007 Desa Batu Beriga Kecamatan Lubuk Besar, Kabupaten Bangkah Tengah, kep. Bangka Belitung diduga illegal.

Pasalnya, sejak didirikan beberapa minggu belakangan dan sampai saat ini masih proses tahap pembangunan dalam kondisi bangunan itu yang sudah mencapai pengecoran tersebut, diduga tidak memiliki surat Izin Mendirikan Bangunan (IMB).

Seperti yang sudah banyak terjadi di wilayah-wilayah lain, banyak kasus pembangunan usaha sarang burung walet rumahan yang dibangun hingga selesai namun tidak ada IMB -nya yang bisa ditunjukkan oleh pihak kontraktor maupun Perusahaan.

Terpantau oleh awak media terlihat sangat jelas saat di lapangan posisi pekerja masih sibuk bekerja membagun bagunan tersebut yang sudah tahap pengecoran.

Salah satu pengawas lapangan sekaligus pekerja saat ditanya mengenai hal IMB tersebut mengakui bahwa perizinan mendirikan bangunan tersebut dalam tahap proses pembuatan.

“Masih mau diurus proses pembuatan Pak,” akui pekerja kepada awak media, Selasa (20/4) dilokasi pembangunan.

Pengaturan mengenai usaha peternakan secara umum yang diatur dalam Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2009 tentang Peternakan dan Kesehatan Hewan (“UU Peternakan”) sebagaimana telah diubah dengan Undang Undang Nomor 41 Tahun 2014 tentang Perubahan Atas Undang Undang Nomor 18 Tahun 2009 tentang Peternakan dan Kesehatan Hewan (“UU 41/2014”).

Pasal 1 angka 16 UU 41/2014 berbunyi:
Usaha di bidang Peternakan adalah kegiatan yang menghasilkan produk dan jasa yang menunjang usaha budi daya ternak.

Jika pembangunan Usaha Sarang Burung Walet Rumahan tersebut belum mengantongi izin, tentunya harus dilakukan penindakan. Karena izin mendirikan bangunan sudah diatur oleh perda seperti PERDA Kabupaten Bangka Tengah No. 28 tahun 2006 tentang Retribusi Izin Pengelohan Sarang Burung Walet.

Hingga berita ini di publikasikan. Wartawan masih upaya konfirmasi kepada pihak Pemerintah kabupaten Bangka Tengah, serta intansi terkait, dan juga DPRD Bangka Tengah lebih detail lagi dalam mengurusi masalah perizinan, yang sudah dibangun bahkan sudah dioperasikan tanpa mengantongi IMB dan bagi yang bandel harus ditindak lanjuti.

(Red)

News Feed