oleh

Penjelasan Stunting Oleh Wakil Bupati Kabupaten Bangka

BANGKA,- Tahukah anda apakah definisi dari Stunting,??! Stunting adalah kondisi gagal tumbuh pada anak balita yang diakibatkan karena kekurangan gizi kronis yang menyebabkan perlambatan pertumbuhan anak sehingga anak menjadi tumbuh dengan kondisi tubuh pendek, untuk usianya yang sebenarnya pada proses kehamilan anak yang diakibatkan kekurangan asupan gizi oleh ibu hamil, dan pada masa awal kehidupan saat lahir dan menjelang usia 2 tahun hal tersebut baru bisa nampak bahwa anak tersebut mengalami gagal tumbuh atau Stunting.

Hal tersebut di katakan oleh Wakil Bupati Bangka Syahbuddin bahwa ada beberapa faktor yang menyebabkan Stunting yang terjadi karena multi dimensi sehingga penanganannya perlu dilakukan secara multisektor yang ada di semua lini yang ada pada saat ini, Selasa (20/4/21).

“Praktik pengasuhan yang tidak baik, terbatasnya layanan kesehatan termasuk Ante Natal Care dan Post Care dan oembelajaran dini yang berkualitas, kurangnya akses makanan bergizi dan kurangnya akses ke air bersih serta sanitasi,” terang wakil Bupati Bangka.

Dikatakannya,ada 7 aksi yang dilakukan untuk program Stunting tersebut, diantaranya pengelolaan kelembagaan, pengelolaan advokasi, pengelolaan pernikahan, pengelolaan kehamilan, pengelolaan pengasuhan, pengelolaan sanitasi dan inovasi.

Menurutnya dari tahun ke tahun di Kabupaten Bangka angka Stunting selalu mengalami penurunan dengan cukup siginifikan dan ini yang harus jadi perhatian bersama dan untuk itu semua elemen mulai dari Pemkab Bangka, Stakeholder yang ada untuk saling berkordinasi dengan komitmen bersama.

“Tahun 2013 angka Stunting dikisaran 32,27 persen, tahun 2018 angka Stunting menjadi 9,8 persen, dan tahun 2019 menjadi 5,5 persen, dan tahun 2020 telah turun menjadi 1,96 persen,” Ujarnya.

Acara dilanjutkan dengan perjanjian nota kesepakatan bersama dan penandatangan komitmen bersama untuk penanganan Stunting di Kabupaten Bangka bersama para perwakilan Peserta yang hadir di cara tersebut mulai dari Bupati Bangka, Wakil Bupati Bangka dan Wakil ketua DPRD Kabupaten Bangka diikuti para peserta yang hadir.(*)

News Feed