oleh

Baznas Bangka Salurkan Zakat Untuk 2.000 Mustahik

SUNGAILIAT – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Bangka menyalurkan zakat bagi dua ribu orang mustahik di Kabupaten Bangka. Penyaluran secara simbolis dilaksanakan di Rumah Dinas Bupati Bangka, Senin (19/4/2021).

Dalam penyalurannya, Ketua Basznas Bangka menyampaikan terjadi penurunan penerimaan zakat dari tahun sebelumnya. Hal ini diduga akibat dari pandemi Covid-19 yang mempengaruhi perekonomian masyarakat.

“Tahun sebelumnya kita menyalurkan kepada 4.000 orang mustahiq, tetapi tahun ini hanya 2.000 orang saja karena terjadinya penurunan pendapatan zakat,” ujar Ketua Baznas Bangka, Nasir Hasan.

Sejumlah upaya telah dilaksanakan Baznas Bangka beserta tim untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dapat berzakat. Salah satunya dengan memberikan pemahaman melalui kader di tiap daerah serta menjemput para pelaku usaha.

“Zakat inikan hukumnya wajib jika telah memiliki jumlah harta tertentu, berbeda dengan sumbangan atau donasi semacamnya yang sukarela. Jadi kami berupaya meningkatkan kesadaran masyarakatlah,” tutur Nasir.

Sementara itu Bupati Bangka, Mulkan SH MH juga menghimbau kepada seluruh pegawai untuk meningkatkan kesadaran dalam berzakat. Dengan budaya saling tolong menolong dan bantu membantu tentunya akan meringankan segala kegiatan kemasyarakatan.

“Para mustahiq yang terdiri dari fakir miskin dan anak yatim piatu merupakan tugas kita bersama untuk menjamin keberlangsungan hidupnya, karena hal ini telah diatur dalam undang undang. Melalui zakat inilah salah satu upaya kita membantunya,” tutup Mulkan.(*)

News Feed