oleh

Ketua Bersama Kepengurusan DPD Asosiasi BPD Kabupaten Jeneponto Resmi Dilantik

JENEPONTO – Pelantikan dan Rapat Kerja Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Asosiasi Badan Permusyawaratan Desa (ABPD) Kabupaten Jeneponto, masa bakti 2021-2025.

Bupati Jeneponto H. Iksan Iskandar pun melantik Ketua Umum DPD ABPD Jeneponto Sulaeman.S.Kom, M. AP, Wakil Ketua I Ramlawati Alex, S.Pd, Sekertaris Umum Bahtiar, Bendahara Umum Maryuni Bersama Pengurus lainya.

Sebelum dilantik, pengurus DPD Asosiasi BPD Kabupaten Jeneponto dilanjutkan membacakan surat keputusan (SK) keputusan tentang struktur pengurus masa bakti 2021-2025.

Ketua panitia Ramlawati Alex dalam laporan menyampaikan rekomendasi hasil musyda pertama secara aklamasi mendaulat sulaeman natsir sebagai ketua umum ABPD periode 2021-2025

“Dari hasil rapat formatur yang telah ditetapkan, pada kesempatan ini kami berharap kepada bapak Bupati untuk berkenan melantik pengurus terpilih dengan harapan kedepan kehadiran ABPD dapat menjadi ruang komunikasi, silaturahmi dan sinergi,” ujarnya

Lanjut, Bupati Jeneponto Iksan Iskandar Menyampaikan dalam sambutanya, bawah Asosiasi ini sangat penting dengan dilakukan pelantikan dan pengukuhan, karna ini sangat penting, olehnya saya ingatkan kepada ketua dan seluruh pengurus, bahwa ada bedanya antara adami organisasi Asosiasi ini dengan tidak ada.

“Olehnya karna itu, dengan adanya Asosiasi ini, harus diperlihatkan ada keunggulan keunggulan antara lain, bagaimana kita memenuhi keluhan keluhan anggota BPD yang ada di Jeneponto,” jelasnya.

Pada kesempatan itu pula, Iksan Iskandar memberikan perintah kepada Sekda Jeneponto, untuk memperhatikan tingkat kesejahteraan pada anggotan BPD se Kabupaten Jeneponto.

“Ini merupakan kewenangan Pak Sekda Selaku Tim Anggaran Kabupaten, Tolong Kasih Naik,” Tepuk Seluruh BPD yang hadir.

Iksan Iskandar pun berharap kepada seluruh Ketua BPD se Kabupaten Jeneponto, jalin komunikasi, sinergitas dan kebersamaan, paling utama kepala desa, karna BPD punya pungsi sebagai pengawasan di desa.

Sementara, Ketua DPD Asosiasi BPD Kabupaten Jeneponto Sulaeman, Mengatakan, dengan semangat telah membuktikan tanggung jawabnya kepada kita semua dengan telah kita ikuti bersama hari ini, tentu tidak saja namun lebih mempertegas Legalitas.

“Bagaimana mewujudkan BPD yang SMART, bermartabat tentang memperkuat pelaksanaan tugas dan fungsi BPD di desa, sebagai Mitra strategis pemerintah desa baik dalam mengawal demokratisasi di desa, pengelola aspirasi masyarakat desa. Maupun sebagai lembaga pengawasan kinerja pelaksanaan pembangunan desa,” ungkap Ketua DPD Asosiasi BPD Kabupaten Jeneponto yang baru saja dilantik.

Iapun menyampaikan, Dengan Hadirnya Asosiasi BPD di Jeneponto,merupakan tantangan dan tuntutan di kepengurusan, terutama bagaimana memenuhi harapan peningkatan kesejahteraan anggota BPD.

“Alhamdulillah, Bupati (Iksan Iskandar) memberikan Harapan dan respon positif, setelah kita bersilaturahmi,”Jelasnya.

Untuk kedepanya, Asosiasi BPD Jeneponto pun, dalam rangka melaksanakan 13 Tugas dan fungsi BPD yang tertuang dalam Permendagri 110 tahun 2016 dan peraturan Bupati Jeneponto nomor 14 tahun 2017, tentang Badan Permusyawaratan Desa, tantangan tersebut antara lain.

Memperkuat peran dan fungsi kelembagaan BPD, baik melalui pola rekrutmen reguler maupun pola rekrutmen penggantian antar waktu maupun kelengkapan sarana dan prasarana kantor yang memadai atau ruangan kerja sebagai penunjang pelaksanaan tugas BPD.

“Dengan kolaborasi dan sinergitas lembaga-lembaga desa, maka akan lebih mempercepat terwujudnya desa-desa yang SMART, desa yang berdaya saing desa yang maju sebagai bagian integral dengan kemajuan pembangunan daerah, dengan demikian integrasi dan Sinergi ini akan lebih memastikan terwujudnya visi Pembangunan Daerah,” Tutupnya.

Kegiatan juga dilaksanakan, dengan pelantikan ketua dan pengurus Badan Permusyawaratan Desa BPD Desa Sapanan.

Turut dihadiri, Kepala Dinas PMD Abd. Makmur S. Sos, Sekda Dr Syafruddin Nurdin, Wakil Ketua I Drpd Jeneponto, H. Imam Taufik Bohari, Dandim 1425 Letkol Inf Gustiawan, Perwakilan Kapolres Oleh Kasat Binmas AKP Syahrul, Perwakilan Kajari, Para pengurus ABPD bersama dewan kehormatan, OKP, Kesbangpol, serta Beberapa OPD dan yang turut hadir.

(Firmansyah)

News Feed