DaerahUncategorized

Listrik Untuk Masyarakat – DPRD Mubar Lakukan Permohonan di PLN Pusat, Thalib: Tahun Ini Akan Dianggarkan Pembangunan Listrik

×

Listrik Untuk Masyarakat – DPRD Mubar Lakukan Permohonan di PLN Pusat, Thalib: Tahun Ini Akan Dianggarkan Pembangunan Listrik

Sebarkan artikel ini
Foto: Komisi I DPRD Mubar Bersama Pimpinan PLN Kendari. Foto/Istimewa

MUNA BARAT-Listrik merupakan salah satu kebutuhan masyarakat yang sangat penting, tidak hanya sebagai penerang tetapi juga sebagai penunjang berbagai aktivitas, baik ekonomi, industri, maupun kegiatan lainnya. Sehingga perlu adanya perhatian khusus apalagi bagi daerah-daerah terluar dan terpencil yang pasokan listriknya kekurangan.

Oleh karena kelistrikan menjadi prioritas untuk kepentingan masyarakat, DPRD Kabupaten Muna Barat berencana mengusulkan hak inisiatif melakukan koordinasi dan konsultasi di PLN Kendari, terkait pembangunan jaringan listrik dibeberapa desa di Muna Barat.

Click Here

Terkait dengan permasalahan kelistrikan ini, Komisi I DPRD Mubar, La Ode Thalib bersama anggota DPRD lainnya berkunjung di PLN Kendari tanggal 1 April kemarin. Langkah ini diambil Komisi I DPRD Mubar untuk mendapatkan masukan dan solusi terkait permasalahan pelayanan kelistrikan di Kabupaten Mubar.

Anggota DPRD Mubar, La Ode Thalib mengatakan beberapa hal terkait dengan listrik di Kabupaten Mubar, banyaknya keluhan masyarakat terhadap pemadaman listrik bergilir setiap daerah di Kabupaten Mubar. Dan masih ada beberapa desa belum memiliki jaringan listrik. Sesuai dengan peraturan Undang-undang 23 tahun 2014 kelistrikan pindah ke provinsi, dimana kucuran dana ke Kabupaten sebesar Rp5 miliar pertahunnya. Namun dengan dana yang tersedia desa-desa yang jaraknya jauh atau terpencil dari total 11 kecamatan tidak dapat terakomodir.

“Karena aduan masyarakat Kabupaten Mubar kami langsung melakukan konsultasi di PLN Kendari terkait pemabangunan listrik. Alhamduillah, permohonan kami diterima. Insya Allah tahun ini beberapa desa di Mubar akan dibangun jaringan listrik yakni di dusun lalege Desa Sidamangura dan di desa Mamuntu dan Lafinde,” ujar La Ode Thalib, Kamis (01/04/2021).

Sekertaris DPC Partai PAN Mubar inipun menyampaikan jika pengajuan pembangunan listrik di Mubar sudah diterima di PLN Pusat Jakarta. “Ajuan dan permohonan kami sudah diterima oleh PLN pusat di Jakarta. Insya Allah, kalau tidak ada halangan tahun ini akan terealisasi anggaran untuk pembangunan listrik tersebut. Saya mengajak warga dusun Lalege untuk berdoa, semoga yang kita usahakan ini benar-benar terwujud dan tidak ada halangan apapun. Sehingga warga yang mendiami tiga dusun ini dapat menikmati lampu dari PLN yang selama ini mereka tunggu-tunggu,” tuturnya.

Reporter: Sacriel

Eksplorasi konten lain dari Sekilas Indonesia

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan Membaca

%d