oleh

Bentuk Duta Santri Siaga, Baznas TB Banten Gelar Pelatihan Kebencanaan dan Simulasi

SEKILASINDONESIA.ID, BANTEN – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Tanggap Bencana Provinsi Banten membentuk Duta Santri Siaga dengan Melaksanakan pelatihan pendidikan Kebencanaan dan Simulasi yang dilaksanakan di Pondok Pesantren Qurro Walhuffadz Al Mushoffa Kota Serang, Banten. Minggu, (28/03/2021).

Pelatihan digelar selama 2 (dua) hari ini terhitung mulai tanggal 27 s.d 28 Maret 2021, diikuti oleh 10 santri yang terdiri dari 5 santri putra dan 5 santri putri yang diharapkan dapat menjadi pioneer dan menjadi pelopor untuk pergerakan santri lainnya saat terjadi bencana. Pelatihan ini berisi 3 sesi pelatihan dan 1 kali simulasi bencana yang disepakati yaitu banjir.

Dalam sambutannya, Mulyadi, S.Ag., Wakil ketua IV Baznas Provinsi Banten, mengatakan, ini kegiatan dilakukan dalam rangka untuk memberikan pembekalan kepada para santri dan santriwati, “Yang nantinya mereka juga akan memberikan pemahaman kepada santri lain terkait kebencanaan,” katanya, saat membuka kegiatan.

Sementara itu, Eva, selaku Fasilitator Daerah kegiatan ini mengungkapkan, sengaja kita pilih di ponpes yang rawan bencana, agar para santri bisa mengetahui solusi saat terjadi bencana.

“Kegiatan pelatihan pendidikan kebencanaan dan simulasi ini hanya 10 orang saja karena memperhatikan protokol kesehatan yang selalu kita kedepankan,” ujar Eva.

Ia pun berharap, dengan adanya kegiatan ini dapat terjalin silaturahmi antara ponpes dan BTB (Baznas Tanggap Bencana) Daerah.

“Agar ketika ada bencana dapat dilakukan prosedur terap yang sudah disepakati serta mengurangi risiko bencana yang terjadi,” pungkas Eva.

Diketahui, Penentuan simulasi atas kesepakatan duta santri dan merupakan ancaman yang ada di wilayah pondok pesantren

(Usep).

News Feed