oleh

Kunjungi Luwu, Plt Gubernur Buka Jalan Terisolir di Kadundung Latimojong

LUWU – Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman menjalani kunjungan kerja (Kunker), di Kabupaten Luwu, Sabtu (27/3/2021).

Dalam kegiatan itu, Plt Gubernur didampingi Bupati Luwu Basmin Mattayang, Anggota DPRD Sulsel dari Dapil 11 Fadriaty, Husmaruddin, dan Jabbar Idris, serta sejumlah pejabat Kabupaten Luwu.

Berbagai kegiatan dihadiri Plt Gubernur diantaranya, peresmian jalan bantuan keuangan provinsi dan pencanangan Kawasan Wisata Agro, di Desa Kadundung, Kecamatan Latimojong,

Plt Gubernur Sulsel mengungkapkan peresmian jalan rintis dan pengeran jalan Kadundung, Kecamatan Latimojong, yang diresmikan ini sebelumnya daerah yang terisolir. Dimana warga yang ingin mengakses jalan ini harus merogoh kocek minimal 100 ribu rupiah untuk menyewa mobil off road.

“Wilayah terisolir di kabupaten Luwu ini contohnya sudah kita buka dengan anggaran yang tidak banyak sekitar 25 miliar rupiah kalau tidak salah, dan bisa langsung tepat sasaran ke masyarakat kita yang sudah turun temurun tinggal disini,” katanya.

Selain itu, Andi Sudirman juga berharap dengan peresmian ini pergerakan barang hasil pertanian bisa lebih cepat terdistribusi ke kota.

Selanjutnya, kata Andi Sudirman, setelah dilakukan pengerasan jalan akan dilakukan pengerjaan selanjutnya secara bertahap. Sehingga, Plt Gubernur meminta kepada masyarakat untuk lebih bersabar terhadap kelanjutan pembangunan jalan tersebut karena masih ada daerah-daerah lainnya yang terisolir yang harus menjadi prioritas pembangunan.

“Setelah pengerasan ini harapannya perlu stimulan harus diaspal segera. Kita mengunci tiga tahun kedepan ada pengerjaan lanjutan. Tapi tentu kita harus melihat aspek prioritas terlebih dahulu. Kita ranking ada prioritas satu, prioritas dua, dan prioritas tiga,” tegasnya.

Tidak hanya peresmian jalan rintis dan pengerasan, Andi Sudirman juga melakukan penanaman pohon untuk pencanangan kawasan Agro Wisata Latimojong.

Plt Gubernur mengungkapkan, kawasan lereng gunung Latimojong ini sangat tepat dibangun Kawasan Agro Wisata karena kondisi alamnya yang cukup bagus. Penanaman pohon untuk pencanangan kawasan Agro wisata tersebut dilakukan sebagai upaya pelestarian lingkungan alam.*

(Firmansyah/Rils)

News Feed