oleh

Kadinsos Jeneponto Sidak e-Warung, Pemilik e-Warung: Saya Sangat Senang Melihat Langsung Data KPM

JENEPONTO – Kepala Dinas Sosial Kabupaten Jeneponto Nirmala Syuaib Melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) ke e- warung yang ada di Kecamatan Bontoramba dan Tamalatea. Selasa (23/3/2021).

Sidak kepada Agen E-Warung penyalur bantuan Program bantuan sosial pangan sembako. Adapun, e waroeng yang didatangi pertama yakni, e – waroeng yang ada di desa Lentu kecamatan Bontoramba.

Disana pun, Kadis Sosial Nirmala Syuaib berbincang bincang dengan pemilik e – waroeng terkait dengan data dan manejemen penyaluran Program Sembako Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT).

Pemilik elektronik warung (e-warung) di desa Lentu ibu suriyani dg caya menyampaikan, tadi saya tidak sangka kalaw ibu kadis sosial (Nirmala Suaib) yang datang di e warungku.

“Alhamdulillah, bagus baik kalaw ada yang memantau begini, cuma penerima kalaw tidak dapat sabar tunggu saja,” cetusnya.

Tak hanya di situ, Nirmala Syuaib pun melanjutkan Inspeksi Dadakan (Sidak) berlanjut ke e warung yang berada di desa bulusuka, di sana, dia pun menyempatkan berbincang sama pemilik e warung sembari melihat data penyaluran dan nama nama penerima Bansos Keluarga Penerima Manfaat (KPM) serta mempertanyakan sampai dimana manfaat adanya kartu kontrol.

“Senang didatangi sama Ibu kadis sosial, bahkan dia (Nirmala Syuaib) melihat langsung data data penerima KPM yang sudah tersedia, Kalaw kendala selama ini, Alhamdulillah tidak ada jie,” ungkap Dg pemilik e warung di desa bulusuka itu.

Menurut dia, baru kali ini ada kadis sosial yang turun langsung ke e warung mempertanyakan data data KPM dan kendala apa yang dihadapi.

Tak hanya sampai disitu, kadis sosial nirmala syuaib yang baru menjabat sebagai kepala dinas sosial itu, melanjutkan perjalanan ke e warung. Selanjutnya yang berada di kecamatan tamalatea tepatnya di desa karelayu.

Seperti sebelumnya di dua pemilik e warung, dia lagi mempertanyakan data KPM, kendala penyaluran ke KPM dan terkait kartu kontrol.

Abdul Yahya mengungkapkan, dirinya merasa senang dengan adanya Kadis Sosial Nirmala Syuaib, ditengah kesibukan masih bisa berbagai waktu, meluangkan waktunya ke e warung miliknya.

“Saya sangat senang, karna memberikan motivasi tentang penyaluran di e warung, sehingga bahwa program ini sangat bagus, apalagi bu kadis turun langsung ke lapangan ke e warung – warung mengontrol,” Jelas pemilik e warung di desa karelayu.

Dia pun membeberkan, dengan adanya pengontrolan di e warung warung berjalan atau bagaimana, sehingga kata dia penerima KPM itu bisa menerima dengan baik penyaluran Bansos BPNT ini.

Menurut dia, dengan adanya kartu kontrol itu sebagai pertanggungjawaban bagi kami sebagai e warung, begitupula sebagai KPM sesuai dengan keinginanya dan suplayer menyalurkan sesuai dengan pesan KPM itu sendiri.

“Bantuan itu, Alhamdulillah tanggapan penerima KPM itu bagus sekali, apalagi saat ini masa pandemik sangat membantu sekali,” kata dia.

Sementara, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Jeneponto, Nirmala Syuaib mengatakan, apa yang telah kami lakukan untuk melakukan Sidak ke e warung warung di dua kecamatan, merupakan upaya dalam melayani KPM untuk belanja sembako di e warungnya dengan adanya administrasi yang baik.

Beberapa e warung sudah memiliki administrasi yang sudah sangat bagus, terdapat administrasi jumlah KPM serta administrasi bukti penyaluran.

“Allhamdulilah, Tahun ini ada kartu kontrol untuk mengontrol semua bantuan sembako keluarga penerima manfaat, sehingga dari kartu kontrol itu, kita tau aktivitas penyaluran,” Jelasnya.

Lebih lanjut dikatakan, Jadi kalaw ada informasi informasi dari kartu kontrol ini, bisa ditindak lanjuti melalui pendamping BPNT atau KPM nya yang tidak membelanjakan di e warung.

Nirmala Syuaib pun berharap dengan adanya kartu kontrol ini tepat sasaran, tepat administrasi, waktu dengan perbaikan perbaikan yang kita terus lakukan baik Dinas Sosial, tim kordinator kabupaten, pendamping dan tim tikor berjalan sesuai dengan harapan dilapangan.

“Bahwa segala transaksi yang dilakukan oleh KPM di e warung itu terkontrol, mendapatkan barang sesuai dengan kwalitasnya,” pungkas Kadis Sosial Jeneponto itu.

(Firmansyah)

News Feed