oleh

Dihari Ketiga Pemetaan Analisis Program Stunting Aksi 1 di Jeneponto, 20 Desa Locus

JENEPONTO – Dihari ketiga pada pertemuan pelaksanaan pemetaan analisis situasi program Stunting Aksi I tingkat Kabupaten Jeneponto melibatkan SKPD.

Pertemuan pemetaan analisis situasi program stunting Aksi I dihari ketiga di gelar di Cafe As-Syifa, Kantor Dinas Kesehatan, Kamis (18/3/2021). Kemarin

Untuk, memastikan program program Intervensi pencegahan stunting dapat diterima dan dimanfaatkan di wilayah Kabupaten Jeneponto, Maka diperlukan konvergensi atau penyatuan berbagi program dan langkah pemetaan situasi pada program stunting.

Dalam pemaparan, Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat (Kabid Kesmas) Dinas Kesehatan Jeneponto Nursyamsi, menyampaikan adapun lokus penanganan stunting dengan tahun lalu lebih tinggi sekitar 30 sekian persen dan tahun ini untuk lokus yang sekitar 20 Desa hanya sekitar 2,18 Persen.

“Untuk penentuan lokus 2021 adalah pengukuran bulan Februari tahun 2020, Karna begitu penentuannya,” Katanya dalam penyampaian didepan para peserta.

Ia pun menyampaikan untuk locus penanganan stunting itu terbanyak di kecamatan rumbia.

“Untuk itu kita mau pikirkan di forum satu satu, adapun dari hasil pengukuran bulan Februari ada dua indikator untuk lokus yang lainya mengikuti,” jelasnya

Adapun pemateri menyampaikan, untuk pemetaan progam, seharusnya melihat rekomendasi dari KOM 1.4 dari Aksi 1.3. Dengan adanya pengelola data dari Desa, Kecamatan dan Kabupaten.

“Jadi terkait dengan data bukan hanya di Aksi 1, tapi disini hanya sebagian kecil. Aksi 6 di bicarakan lebih serius lagi mengenai manajemen data,” katanya.

Selama tiga hari, dalam pertemuan pelaksanaan pemetaan analisis situasi program Stunting Aksi I tingkat Kabupaten Jeneponto, menghadiri berbagi narasumber atau pemateri.

yakni pemateri pertama, Andi Irfan,( Nutrition policy Specialist), Sekertaris Percepatan penurunan stunting terintegrasi kementrian PPN/Bappenas.
Pemateri ke dua, Kadis Kesehatan Syusanti, (Kebijakan analisis situasi program Penurunan stunting), Pemateri ketiga Lukman.

(Firmansyah)

News Feed