oleh

Advokat Acep Saepudin Berikan Materi Pelatihan Dirjen BINAPENTA Kemenaker RI

BOGOR – Dalam rangka Peningkatan Kapasitas Paralegal Kapasitas Paralegal dan Advokasi Bidang Pembinaan Penempatan Tenaga Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja, Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia melalui Direktorat Jenderal (Dirjen) Pembinaan Penempatan Tenaga Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja (BINAPENTA) menggelar acara pelatihan yang digelar di Hotel Permata Bogor selama 2 (dua) hari yakni tanggal 18 hingga 19 Maret 2021.

Dalam kegiatan itu, Advokat Acep Saepudin, S.H.I., S.H., M.H., M.M., M.Si. dihadirkan oleh pihak Kementerian untuk memberikan materi terkait “Tata Cara Menyelesaikan Sengketa Hukum Secara Mandiri Tanpa Melalui Jalur Pengadilan (Non Litigasi) dan Litigasi”.

Dalam pemaparannya, Acep Saepudin, menuturkan, kegiatan seperti ini sangat penting untuk dilakukan oleh kementerian-kementerian khususnya Kementerian Ketenagakerjaan.

“Kedepan kita harus lebih serius untuk memberikan langkah-langkah alternatif penyelesaian sengketa agar tidak semua permasalahan atau sengketa dibawa ke Pengadilan, Pengadilan hanyalah jalan terakhir apabila jalan alternatif penyelesaian sengketa seperti bipartit, mediasi, dan konsiliasi tidak berhasil,” kata Acep Saepudin, Jum’at, (19/03/2021).

Selain menghadirkan Advokat Acep Saepudin, pihak panitia juga menghadirkan Dirjen Binapenta dan PKK, Kepala Pusat Penyuluhan dan Bantuan Hukum BPHN, Direktur Perundang-undangan Kemenkumham, Kepala Biro Hukum Setjen Kemenaker RI, dan Sesditjen Binapenta dan PKK.

Sementara itu, Muhammad As’ary, selaku Panitia dari Dirjen Binapenta Kemenaker RI, dalam keterangannya menyampaikan, Kami mengucapkan terima kasih atas hadirnya para pembicara khususnya Bapak Acep Saepudin yang sudah jauh-jauh datang dari Banten untuk berbagi ilmu dengan kami.

“Semoga Pak Acep Saepudin bisa terus bersinergi dengan Kemenaker RI,” ungkapnya.

Diketahui, Acara ini diikuti oleh para peserta dari Disnaker Provinsi dan Kabupaten Kota di seluruh Indonesia yang sebagian besar mengikuti melalui aplikasi zoom dan sebagian lagi melalui tatap muka di Hotel Permata Bogor.

(Usep_Dra).

News Feed