Daerah

11 Komoditas Bahan Pangan Jelang Puasa Ramadhan di Pangkalpinang Dipastikan Aman

×

11 Komoditas Bahan Pangan Jelang Puasa Ramadhan di Pangkalpinang Dipastikan Aman

Sebarkan artikel ini

PANGKALPINANG – Stok bahan pangan jelang puasa Ramadan 1442 Hijriyah dipastikan aman. 11 komoditas utama diantaranya beras, bawang, cabai, daging maupun minyak goreng cukup untuk menyokong kebutuhan masyarakat.

Kepala Bidang Ketahanan Pangan, Dinas Pangan dan Pertanian Kota Pangkalpinang, Yiyi Zilaida Dwitri menuturkan, hingga pekan ini stok bahan pangan normal dan masih mencukupi kebutuhan masyarakat. Namun, menurut dia, akan terjadi kenaikan kebutuhan dimasa dua sampai dengan enam hari sebelum bulan Ramadan.

Click Here

“Akan terjadi kenaikan dua sampai enam hari sebelum bulan puasa. Seperti beras sekitar tiga persen dari ketersediaan normal, bawang merah 27 persen, cabai rawit 28,50 persen, hingga yang tertinggi yaitu daging sapi mencapai 79,50 persen,” jelas Yiyi saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (18/3/2021).

Yiyi menambahkan, daging sapi juga akan mengalami kenaikan kebutuhan. Pasalnya kebiasaan masyarakat dibulan Ramadan berbuka puasa dengan mengonsumsi olahan makanan tersebut, terutama diawal-awal puasa. Hanya saja, dia menyebutkan masyarakat tidak perlu khawatir dengan tingginya kenaikan kebutuhan.

“Stok persediaan pangan hingga bulan puasa dengan kenaikan kebutuhan pangan terhitung masih surplus dan jangan khawatir,” pungkasnya.

Dia mengimbau maryarakat tidak pannic buying dan berbelanja sesuai kebutuhan. Menurutnya, makanan tidak perlu mewah namun harus bergizi dan sesuai dengan kaidah yakni beragam, bergizi, seimbang, dan aman.

Caption.
Kepala Bidang Ketahanan Pangan Dinas Pangan dan Pertanian, Yiyi Zilaida Dwitri.

(Budi Marsudi)

Eksplorasi konten lain dari Sekilas Indonesia

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan Membaca

%d