oleh

DPMD Mubar Gelar Rakor Bersama Seluruh Kades, Tibolo: Penggunaan DD Diprioritaskan untuk Pencapaian SDGs

MUNA BARAT- Kepala Dinas PMD Kabupaten Muna Barat, Laode Tibolo membuka acara Rapat Kordinasi Kabupaten di Kantor DPMD Mubar, Kamis (10/03/2021).

Agenda tersebut dihadiri oleh Camat dan seluruh Kades Muna Barat serta TPP P3MD se Kabupaten Muna Barat.

Dalam Sambutannya, Kadis PMD, La Ode Tibolo Menekanankan agar Penggunaan Dana Desa diprioritaskan untuk pencapaian SDGs Desa seperti kegiatan pemilihan ekonomi Nasional.

“Program prioritas Nasional dan kegiatan untuk adaptasi kebiasaan baru di desa.
dalam situasi covid sekarang ini pemerintah desa dapat mewujudkan desa aman covid dan BLT dana desa,” ujar La Ode Tibolo, Kamis (10/03/2021).

Selain itu Tibolo menyampaikan dan bahwa mulai tanggal 01 Maret sampai 31 Mei 2021, berdasarkan surat Dirjen Pembangunan desa dan Perdesaan Kemendesa terkait pemutakhiran data IDM berbasis SDGs harus sudah dituntaskan oleh seluruh Desa.

“Pemuktahiran data IDM berbasis SDGs harus sudah tuntas. Jadi, 81 Desa di Mubar oleh harus menyelesaikan ini sampai tanggal 31 Mei nanti,” tuturnya.

Ditempat yang sama Tenaga Ahli pelayanan sosial dasar, LM Junaim mengatakan bahwa hasil pemutakhiran data berbasis SDGs menjadi dasar penyusunan rencana kerja pemerintah desa.

“Jadi, APBDesa 2022 dan perkembangan status desa hasil Ppemutahiran data tersebut menjadi salah satu dasar pengalokasian dana desa tahun anggaran 2022 oleh kementerian keuangan,” jelasnya.

Olehnya itu, Junaim berharap dan menghimbau agar seluruh pemerintah desa bekerja baik dalam mengelola anggaran Dana Desa nanti. “Semua Pemdes harus bekerja baik dari mengelola anggaran. Dan terpenting itu adalah dana pencegahan covid-19 dan BLT Dana Desa, itu wajib dilaksanakan,” tegasnya.

Reporter: Sacriel

News Feed