oleh

23 TKS Dinsos Pandeglang Ikuti Sosialisasi BPJS Ketenagakerjaan

PANDEGLANG– Sebanyak 23 Tenaga Kerja Sukarela (TKS) di Lingkungan Dinas Sosial Kabupaten Pandeglang, Banten, di daftarkan dan mengikuti sosialisasi sebagai peserta BPJS ketenagakerjaan, di Ruang Aula Dinas Sosial, Selasa (02/03/2021).

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Pandeglang, Hj Nuriah, melalui telpon selularnya, Selasa (02/03/2021) mengatakan, Jaminan sosial tenaga kerja memang sudah seharusnya menjadi hak untuk setiap pekerja, dan pemerintah telah memfasilitasi jaminan dan perlindungan sosial tenaga kerja melalui program BPJS Ketenagakerjaan.

“Ya ada 23 pegawai TKS Dinas Sosial didaftarkan untuk mendapat BPJS ketenagakerjaan ini,” ujar Nuriah

Dikatakan Nuriah, tujuan dibuatkannya Kartu BPJS Ketenagakerjaan, tiada lain untuk melindungi tenaga kerja khususnya di lingkungan Dinas sosial.

“Jaminan sosial tenaga kerja memang sudah seharusnya menjadi hak untuk setiap pekerja dan Ibu mendaftarkan anak-anak TKS agar bisa merasakan ada jaminan ketika harus mendapat resiko kecelakaan kerja dan jaminan kematian” Ucapnya.

Nuriah juga menjelaskan, program untuk melindungi tenaga kerja memang sangatlah diperlukan. Pasalnya, menurut data dari ILO terdapat 2,3 juta pekerja yang meninggal di tempat kerja tiap tahunnya, entah itu karena kecelakaan kerja atau karena mengidap penyakit.

“Itulah mengapa program yang satu ini sangat diperlukan oleh setiap pekerja baik dari sektor formal atau informal,” cetusnya

Sementara Kepala Cabang BPJS Ketenagakerjaan Cabang Pandeglang, Arief Lukman menyatakan, BPJS ketenagakerjaan merupakan transformasi dari PT Jamsostek (Persero) dan mulai beroperasi sejak 1 Juli 2015.

Dalam pelaksanaannya, kata Arif, program ini diatur, berbagai peraturan pemerintah dan Undang-Undang yang mengatur tentang BPJS Kesehatan.

Pada dasarnya, lanjut Arif, semua pekerja di Indonesia diwajibkan untuk menjadi peserta BPJS ketenagakerjaan, tak terkecuali juga bagi warga negara asing yang menjadi pekerja dan berdomisili di Indonesia.

“BPJS Ketenagakerjaan ini terdapat 4 program mendasar yakni, program jaminan kecelakaan kerja, jaminan kematian, jaminan pensiun, dan jaminan hari tua,” tuturnya seraya menambahkan, sama halnya seperti BPJS Kesehatan, yang juga menetapkan iuran setiap bulan dengan besaran iuran setiap programnya berbeda-beda.

(Andi)

News Feed