Daerah

Demi Kemajuan, Ketum Ormas Badak Banten Dukung Pembangunan Bendungan Pasirkopo

×

Demi Kemajuan, Ketum Ormas Badak Banten Dukung Pembangunan Bendungan Pasirkopo

Sebarkan artikel ini

LEBAK – Ketua Umum Ormas Badak Banten Buya Sujana Karis kembali menyampaikan dukungan pembangunan Bendungan Pasirkopo sebagai mercusuar Kecamatan Leuwidamar yang harus kembali ke masa kejayaan sebagai mantan Ibu Kota Kabupaten Lebak.

“Ini akan menjadi titik tolak kemajuan Kecamatan Leuwidamar yang selama ini kurang diperhatikan pembangunannya,” kata Buya yang juga Tokoh Asli dari Leuwidamar, Senin, (01/03/2021).

Click Here

“Kami mengharapkan adanya kemajuan pembangunan di Kecamatan Leuwidamar, salah satunya yang sudah direncanakan pemerintah pusat adalah pembangunan Bendungan Pasirkopo,” harap Buya menambahkan.

Hal senada didukung oleh masyarakat setempat yang diwakili Juru bicara Aliansi Masyarakat Cerdas (AMC), Apih Hanapi yang menyatakan sangat mendukung upaya pemerintah pusat dalam memperhatikan sektor pertanian di Banten seperti di wilayah kampung tangguh Desa Leuwidamar, Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak.

“Bidang pertanian itu merupakan salah satu kampung binaan Dinas Pertanian Provinsi Banten dan merupakan program Gubernur Banten Wahidin Halim pada 2019 lalu sudah bergeliat menunjukan kemajuan bagi masyarakat wilayah Leuwidamar di bidang pertanian,” terang Hanapi.

“Namun wilayah tersebut terkendala banjir saat musim hujan dan kekeringan di masa kemarau membuat pertanian menjadi tidak berjalan dengan baik. Maka dari itu butuh pembangunan bendungan sebagai upaya pengendalian banjir dan ketersediaan air di masa kemarau,” imbuh Hanapi.

Pertanian dan perikanan merupakan bidang usaha yang menjanjikan, meski sempat mengalami kemunduran tren bagi anak muda. Namun di jaman modern ini justru mulai dilirik anak muda untuk menjadi pengusaha di bidang pertanian, peternakan, dan perikanan.

Upaya pemerintah juga mendorong sektor pertanian sebagai sektor unggulan setelah membuktikan bahwa sektor ini yang mampu bertahan meski di masa pandemi dan tetap mampu menopang kehidupan sehari hari.

Seperti dikutip dari laman Instagram @kementerianpertanian setidaknya ada lima manfaat bendungan bagi pertanian:

1. Wadah raksasa penampungan air
2. Mencegah dan mengendalikan banjir
3. Membantu kebutuhan air di musim kemarau
4. Tempat budidaya
5. Lokasi wisata

Inilah salah satu agenda besar jika di bangun bendungan seperti rencana Bendungan Pasirkopo Kecamatan Leuwidamar akan berefek luar biasa untuk kemajuan di Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak.

(Usep_Red).

Eksplorasi konten lain dari Sekilas Indonesia

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan Membaca

%d