oleh

Pertama Di Indonesia, Inkubator Pengusaha SMK Melalui Program VEC

SEMARANG – Mendorong siswa-siswi dari sekolah menengah kejuruan (SMK)  menjadi wiraswasta atau pengusaha hebat, PT Gemilang Investama Sejahtera meluncurkan program Vocational Entrepreneur Challenge (VEC).

VEC program pelatihan untuk siswa-siswi SMK angkatan akhir agar menjadi wirausaha muda hebat, mandiri, tangguh dan sukses dengan dana hibah total Rp 1 Miliar.

MoU antara Yasin Ekowicaksono sebagai Direktur Utama PT Gemilang Investama Sejahtera (Baju Putih) dan Drs Samiran MT selaku Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) Jawa Tengah (Baju Coklat).(foto:dok).

Peluncuran program tersebut ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Direktur Utama PT Gemilang Investama Sejahtera, Yasin Ekowicaksono dengan Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) Provinsi Jawa Tengah, Drs Samiran MT, di Aula SMKN 7 Semarang, Kamis (18/2/2021) pagi.

Pada kesempatan itu, hadir juga kepala sekolah SMK negeri atau swasta, dan rekan-rekan industri di wilayah Jawa Tengah.

Kerja sama tersebut merupakan upaya gebrakan semangat dan sosialisasi program bernama Vocational Entrepreneur Challenge (VEC). Program pelatihan untuk siswa-siswi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) untuk angkatan akhir agar menjadi wirausaha muda hebat, mandiri, tangguh dan sukses.

“Kami sudah kerjasama dengan Ketua MKKS (Musyawarah Kerja Kepala Sekolah, red) Provinsi Jawa Tengah. Beliau kebetulan Kepala SMK 7 Semarang (Drs Samiran MT, red). Sebagai landasan awal di Provinsi Jawa Tengah untuk menggebrak (semangat atau motivasi, red) dan sosialisasi (program pelatihan VEC, red), maka VEC melakukan ‘partnership’ dengan seluruh SMK lain di Jawa Tengah,” terang Yasin Ekowicaksono, Direktur Utama PT Gemilang Investama Sejahtera , Jumat (19/02/2021) siang.

Yasin menjelaskan, program VEC yang dijalankan PT Gemilang Investama Sejahtera memiliki program-program pelatihan hard skill atau soft skill mengenai bisnis dan wirausaha yang akan diajarkan secara optimal untuk siswa-siswi SMK agar bisa menjadi wirausaha muda yang hebat, mandiri, tangguh dan sukses.

VEC bergerak di bidang bisnis, bagaimana antara siswa-siswi SMK di angkatan terakhir ini akan kami latih dan ajarkan, brainstorm (diberi pemahaman, red), kami transfer knowledge (pengetahuan, red) mengenai bagaimana menjadi wirausaha muda yang tangguh dan sukses,” imbuhnya.

Selain itu, Yasin juga menyampaikan bahwa kerja sama tersebut untuk membentuk dan meningkatkan kualitas siswa-siswi didik SMK angkatan akhir. Memberikan program optimalisasi hard skill dan soft skill mengenai wirausaha dan dunia bisnis.

“Kerja sama dalam membentuk dan meningkatkan kualitas siswa-siswi didik SMK kelas terakhir dengan hard skill dan soft skill , mengenai kewirausahaan, pelatihan-pelatihan masif dan intens yang akan dimulai pada November 2021. Kami akan melatih para siswa-siswi SMK yang terdaftar dalam VEC agar siap menghadapi situasi atau kondisi di luar kegiatan sekolah atau di dunia bisnis pada umumnya,” tuturnya.

Yasin melanjutkan, mengenai kesiapan mental, kesiapan fisik dan pengalaman personal, akan dibentuk di program VEC. Selanjutnya, Yasin akan melakukan expo di berbagai sekolah-sekolah, lalu menampilkan 3 bidang usaha terbaik atau 3 bisnis terbaik dari para siswa-siswi SMK.

“Nanti akan kami kumpulkan di setiap provinsi, di dalamnya akan kami susun menjadi expo kewirausahaan SMK yang dihadiri oleh para calon investor dari HIPMI, TDA, KADIN, APINDO dan komunitas bisnis lainnya. Agar mereka semua tahu ada potensi luar biasa yang terdapat dalam SMK dan siswa-siswi didik SMK,” pungkasnya.

Sebagai informasi, target dan tujuan program VEC dari PT Gemilang Investama Sejahtera, agar peserta didik SMK terutama di angkatan akhir memperoleh pengetahuan mengenai kewirausahaan, situasi di lapangan, membentuk dan menjalin komunitas, berinteraksi, berkomunikasi, membangun mindset, melatih critical thinking. Menciptakan, mengambil dan mengoptimalkan peluang yang ada, kesempatan yang ada, membuat visi-misi dalam membangun wirausaha. (Ads/Rangga Aji/gg/hr)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed