Daerah

Perusahaan Timah di Babel Salurkan Dana untuk Gerakkan Ekonomi Masyarakat

×

Perusahaan Timah di Babel Salurkan Dana untuk Gerakkan Ekonomi Masyarakat

Sebarkan artikel ini

PANGKALPINANG – PT Timah Tbk melalui CSR menggerakkan ekonomi masyarakat dan pelaku UMKM di tengah pandemi Covid-19.

Pihaknya terus berkomitmen dengan menyalurkan dana bergulir Program Kemitraan Triwulan IV tahun 2020 sebesar Rp 12,4 miliar bagi 241 mitra binaan di wilayah Operasional PT Timah Tbk, di Graha PT Timah Tbk, Selasa (22/12/2020).

Click Here

Penyaluran program ini dilakukan secara bertahap di masing-masing wilayah operasional PT Timah yang dimulai hari ini.

Ada delapan sektor usaha yang mengikuti program dana bergulir PT Timah Tbk yakni sektor Industri, Perdagangan, Pertanian, Perkebunan, Peternakan, Perikanan, Jasa, Koperasi, Industri Kreatif dan pembinaan.

Adapun sebaran UMKM yang memanfaatkan program dana bergulir yakni, Kota Pangkalpinang sebanyak 30 UMKM, Bangka Induk 33 UMKM, Bangka Barat 14 UMKM, Bangka Tengah 58 UMKM, Bangka Selatan 35 UMKM, Belitung tujuh UMKM, Belitung Timur Enam UMKM, Karimun Kundur 18 UMKM, dan Kabupaten Kepulauan Meranti sebanyak 40 UMKM.

Direktur Keuangan PT Timah Tbk Wibisono dalam sambutannya mengatakan, program ini bentuk komitmen PT Timah Tbk untuk membangun masyarakat di wilayah operasional perusahaan.

Melalui program ini juga diharapkan untuk menggerakkan ekonomi masyarakat apalagi di tengah pandemi Covid-19.

UMKM memiliki banyak tantangan di tengah pandemi Covid-19 yang harus segera beradaptasi dengan perubahan pola konsumen yang serba digital.

Salah satu mitra binaan PT Timah Tbk, Endang Setiawan mengatakan dirinya tertarik untuk memanfaatkan program ini agar dapat meningkatkan hasil tangkapannya.

Selain itu, biaya administrasi yang diberlakukan terbilang kecil dibandingkan dengan pemberi pinjaman modal lainnya.

Nelayan dari Batu Beriga, Bangka Tengah ini menyebutkan pinjaman yang diperolehnya akan digunakan untuk membeli peralatan seperti kapal, alat tangkap seperti jaring, dan lampu.

Menurutnya, ini merupakan pengalaman pertamanya menggunakan dana bergulir PT Timah Tbk.

“Dana bergulir CSR PT Timah ini kan bukan seperti di bank yang kita kena bunga 3 persen, ini leih rendah. Terus persyaratannya juga enggak rumit. Sangat membantu program ini, semoga dengan banyak bantu pelaku usaha terus banyak yang mendoakan PT Timah, PT Timah semakin sukses,” kata dia.

Senada, Arya Saputra salah satu mitra binaan PT Timah Tbk mengatakan, dirinya sudah merasakan manfaat program dana bergulir dari kemitraan ini.

Sehingga dirinya kembali meminjam untuk mengembangkan usaha.

“Banyak sekali manfaatnya, tidak hanya bantuan modal, kita juga dibina diajak pameran dan diberikan tempat untuk memasarkan produknya seperti di Tins Gallery. PT Timah juga sering membeli karya akar bahar untuk dipasarkan,” katanya.

Pemprov Babel Apresiasi Program Kemitraan PT Timah Tbk melalui
Plt Kepala Dinas ESDM Babel, Amir Syahbana.

Dirinya mengapresiasi PT Timah yang secara konsisten tetap menyalurkan program dana kemitraan ini untuk membantu UMKM mengembangkan usahanya.

PT Timah punya kewajiban pemegang IUP program PPM ini di luar wajib, ada program CSR, memang industri pertambangan diminta memberikan manfaat bagi masyatakat sekitar yang disebut multifilr3r effect sehingga bisa menjadi penggerak masyarakat sekitar wilayah pertambangan.

“PT Timah sebenarnya tidak bisa dipungkiri sangat menyatu dengan masyarakat Babel, berdasarkan sejarah PT Timah pernah menjadi tulang punggung di Babel dalam banyak hal. Sinergisitas antara PT Timah dan Pemprov Babel maupun kabupaten/kota juga berjalan,” kata Amir Syahbana saat menghadiri penyaluran bantuan program kemitraan PT Timah Tbk, dii Graha Timah, Selasa (22/12/2020).

Dia mengaku atas nama Pemprov Babel mengapresiasi PT Timah yang telah menjalankan program kemitraan ini.

“Saya berharap ini terus berlanjut dan akan mensejahterakan masyarakat Babel, apalagi di tengah pandemi ini,” sambungnya.

Baca Juga:

https://www.sekilasindonesia.id/2020/10/25/pt-timah-salurkan-bantuan-780-booth-dan-tenda-pada-umkm/

Ia juga berpesan kepada pelaku UMKM yang telah menjadi mitra binaan PT Timah Tbk, untuk memanfaatkan modal ini secara produktif sehingga dapat menggerakkan ekonomi.

“Kepada mitra binaan saya harapkan bantuan ini digunakan sebagaimana mestinya untuk hal yang produktif dan ini bergulir, pembayarannya harus dilakukan sehingga dapat dimanfaatkan masyarakat babel yang lainnya,” harapnya.

Menurutnya, program kemitraan ini sudah sejalan dengan pemerintah Provinsi Babel yang program unggulannya adalah UMKM.

Ia berharap, sinergisitas ini terus berjalan sehingga ekonomi kerakyatan dapat terus berjalan.

Sementara itu, Kasi IKM Dinas Perdagangan dan Perindustrian Babel Muhammad Nazli mengatakan, program ini bentuk sinergisitas BUMN dan Pemerintah untuk memberdayakan ekonomi masyarakat terlebih di masa pandemi.

Ia berharap program ini terus berlanjut dan semakin banyak UMKM yang terbantu.

“Kami apresiasi sekali PT Timah. Program ini sudah kelihatan berhasil misalnya, dengan semakin menjamurnya UKM di Babel. Dan ini diyakini dapat meningkatkan ekonomi masyarakat,” tutupnya.

(Budi.M)

Eksplorasi konten lain dari Sekilas Indonesia

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan Membaca

%d