oleh

Selamat, Kelurahan Manjangloe Jeneponto Dapat Sertifikat STBM di Hari Kesehatan Nasional.

JENEPONTO – Selamat, Momentun peringati Hari Kesehatan Nasional (HKN) yang ke 56, Kelurahan Manjangloe, Kecamatan Tamalatea, Kabupaten Jeneponto mendapat predikat Kelurahan STBM (Sanitasi Total Berbasis Masyarakat).

Pemberian sertifikat STBM Itu diserahkan langsung oleh Bupati Jeneponto Iksan Iskandar, didampingi Forkofimda di kantor dinas kesehatan.

Pencapaian ini membanggakan karena kelurahan manjangloe masuk salah satu kelurahan yang menjadi Kelurahan STBM.

Lurah Manjangloe M.Ilham Lewa Menggatakan, Pertama berterimah kasih kepada semua pilar sehingga kita raih sertifikat STBM ini dan tak lupa juga dinas kesehatan, dinas lingkungan hidup, Puskesmas Tamalatea, Camat Tamalatea, bhabinkamtimas, babinsa, kader pkk, para lingkungan dan elemen masyarakat.

“Terima Kasih kepada Allah Swt, orangtua saya, Tak Lupa dinas kesehatan selaku tim verifikasi sehingga kelurahan kami mendapatkan sertifikat STBM,” kata Ilham Kepada media sekilasindonesia id, setelah mendapatkan sertifikat, Senin (16/11/2020).

Lanjutnya, program Kelurahan STBM ini sebagai ukuran untuk masyarakat dapat dikatakan hidup sehat. Maka predikat ini perlu dijaga dan dipertahankan.

“Mudah mudah dengan penghargaan ini, warga kelurahan manjangloe, mulai ter motivasi dengan memperhatikan kebersihan lingkungan sekitar, sehingga manjangloe pembangunan selangkah lebih maju,” jelasnya.

Ilham menggatakan, kedepanya pemerintah kelurahan dan masyarakat lebih bersinergi untuk menjadi kelurahan yang berdaya saing dengan kelurahan yang lain di Jeneponto, untuk pembangunan kedepanya dengan beberapa program,

“Kita rencanakan tahun depan ada sarana pengadaaan mobil mini kebakaran,” pungkasnya.

Diketahui, yang dapat STBM itu, ada lima yakni tiga desa dua kelurahan. Adapun kelima pilar tersebut pertama, ODP (Stop Buang Air Besar Sembarangan). Dua, CTPS (Cuci Tangan Pakai Sabun). Tiga, PAMMRT (Pengolahan Air Minum dan Makan Rumah Tangga Yang Baik). Empat, pengelolaan sampah rumah tangga yang baik. Dan kelima, pengelolaan limbah rumah tangga yang baik dengan menyediakan bank sampah.

Reporter : Firman