Daerah

Gubernur Erzaldi Serahkan Bantuan pada Petani Hortikultura Cambai

×

Gubernur Erzaldi Serahkan Bantuan pada Petani Hortikultura Cambai

Sebarkan artikel ini

CAMBAI SELATAN – Guna mendorong Produksi Komoditi Hortikultura, Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman menyerahkan secara simbolis bantuan pemerintah kepada petani di area perkebunan Kelompok Tani Subur Lestari Desa Cambai Selatan, Kabupaten Bangka Tengah, Rabu (21/10/2020).

Gubernur Erzaldi mengatakan, hampir 70 persen program kegiatan yang dilakukan oleh Pemprov. Kepulauan Bangka Belitung adalah bertemu dengan para petani. Karena, menurutnya di masa pandemi Covid-19 ini, sektor pertanianlah yang bisa maju dan tumbuh untuk mendorong perekonomian rakyat.

Click Here

Kegiatan ini juga terbentuk karena adanya kolaborasi yang dilakukan antara Pemprov. Babel dan Pemkab. Bangka Tengah sehingga kegiatan ini bisa dilaksanakan.

“Saya sungguh bahagia dengan adanya kolaborasi antara pemprov dan kabupaten dalam mendorong peningkatan produksi petani. Semoga apa yang kita impikan bersama akan terwujud,” ungkapnya.

Pihaknya akan mendorong Desa Cambai ini sebagai sentra hortikultura dengan mewacanakan pembangunan gudang/cool storage komoditi hortikultura. Dengan adanya gudang tersebut, hasil produksi hortikultura tidak harus langsung dikonsumsi mengingat daya tahan jenis tanaman ini. Selain itu, ini juga dapat mencukupi kebutuhan untuk Bangka Belitung sehingga tidak perlu mendatangkan komoditi dari luar.

Gubernur Erzaldi berpesan kepada para petani agar meningkatkan hasil produksinya. Pemprov dalam hal ini mendorong pemanfaatan program KUR dan memberikan jaminan offtaker (pembeli).

Sementara itu Kepala Dinas Pertanian Babel, Juaidi dalam laporannya mengatakan komiditi hortikultura dikembangkan secara terpadu berbasis kawasan dengan menjadikan Cambai sebagai sentra hortikultura. Bantuan ini menjadi kolaborasi antara Pemkab. Bangka Tengah. Pemprov akan memberikan bantuan bibit, pupuk, serta pestisida sedangkan, Bangka Tengah memberikan sarana prasarana pendukung.

Setelah mendapat bantuan, diharapkan para petani dapat mampu mandiri dengan memanfaatkan dana KUR.

Ikut hadir dalam kegiatan ini Camat Namang, Kabid Pertanian Bateng, kapolsek, Kepala Desa Cambai Selatan, dan para petani yang tergabung di beberapa kelompok tani.

Reporter : Budi.

Eksplorasi konten lain dari Sekilas Indonesia

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan Membaca

%d