oleh

Gubernur Babel Serahkan Kartu BPJS ke Keluarga Penerima Manfaat di Bangka Barat

BANGKA BARAT-Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman melakukan Kunjungan Kerja (Kunker) di Kabupaten Bangka Barat, dan menyerahkan kartu Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan ke keluarga penerima manfaat dan bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) Dinas Sosial Provinsi Kepulauan Bangka Belitung tahun 2020, di Kantor Desa Air Belo, Kabupaten Bangka Barat, Senin (19/10/20).

Gubernur Erzaldi dalam penyerahan kartu BPJS itu mengatakan bahwa, nasib dan musibah yang dialami seseorang tidak bisa ditentukan dan dapat terjadi kapan saja. Seorang pekerja baik formal maupun informal dapat mengalami kecelakaan kerja yang dapat menimbulkan kecacatan bahkan meninggal dunia.

Untuk mempersiapkan hal tersebut Gubernur Erzaldi berharap, kepada masyarakat Air Belo untuk mengikuti program yang dilaksanakan BPJS Ketenagakerjaan. Selain klaim biaya pengobatan, terdapat juga program seperti santunan kecacatan, hingga santunan kematian, serta biaya penggantian gaji sementara, dan Biaya Pendidikan bagi anak.

Pentingnya program BPJS Ketenagakerjaan ini bukan hanya untuk persiapan bagi keluarga saja, yang lebih utama adalah untuk menghindari munculnya kemiskinan.

“Satu niat kita agar tidak muncul kemiskinan baru karena, yang menopang kehidupan kita mengalami kecelakaan atau meninggal dunia,” ungkapnya.

Untuk tahap ini, program dilaksanakan selama tiga bulan hingga Desember akhir tahun ini dan akan dilanjutkan tahun berikutnya.

Selain disiplin pelaksanaan protokol kesehatan pencegahan Covid-19, Gubernur Erzaldi juga mengingatkan agar kartu yang akan diserahkan ini disimpan dengan baik sehingga, dalam pengajuan klaim dapat dilakukan.

Kepala Cabang BPJS Ketenagakerjaan Pangkalpinang, Aris Darianto dalam sambutannya memberikan apresiasi kepada Gubernur Babel, Erzaldi Rosman yang aktif dan peduli terhadap program BPJS Ketenagakerjaan. Dijelaskannya BPJS Ketenagakerjaan berfungsi sebagai jembatan kesejahteraan bagi masyarakat. Program BPJS Ketenagakerjaan juga mengantisipasi munculnya masyarakat miskin akibat kecelakaan kerja atau kematian sehingga, pemerintah bisa fokus pada program pembangunan.

Program BPJS Ketenagakerjaan ini juga dapat membantu melanjutkan kelangsungan kehidupan keluarga bagi pekerja yang mengalami musibah kecelakaan hingga kematian yang besarannya sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Harapannya, masyarakat Air Belo dapat menyampaikan dan menginformasikan program ini pada tetangga dan keluarganya.

Ikut hadir dalam penyerahan ini Pjs. Bupati Bangka Barat, Sahirman; Kepala Dinas Sosial Babel, Yanuar; Kepala Cabang BPJS Ketenagakerjaan Pangkalpinang, Aris Darianto; Camat Muntok; Kades Air Belo; serta masyarakat Air Belo. Pada kegiatan ini juga dilakukan penyerahan bantuan beras kepada penerima manfaat keluarga harapan di desa tersebut.

(Budi)

News Feed