oleh

Meriahkan Hari Batik Nasional dengan Mengelar Gebyar Layangan Batik Serentak Di Seluruh Indonesia, Kemendes dan PDTT RI Raih Rekor Muri

MUNA BARAT-Untuk meriahkan Hari Batik Nasional, Kemendes dan PDTT RI mengelar Gebyar Layangan Batik serentak seluruh Indonesia untuk memperoleh Rekor MURI, salah satunya di Kabupaten Muna Barat Provinsi Sulawesi Tenggara.

Seluruh Tenaga Ahli dan Pendamping Desa se Muna Barat ikut ambil andil dan berpartisipasi dalam acara ini, yg bertempat di lapangan bola kaki Desa Guali, Kecamatan Kusambi, Selasa (06/10/2020).

Sekda Mubar, LM Husein Tali mengatakan dalam rangka memperingati hari batik nasional, Kemendes PDTT melakukan gebyar layang-layang batik di banyak tempat di seluruh Indonesia.

“Muna Barat diikuti oleh banyak peserta dari desa-desa. Masyarakat antusias menerbangkan layang-layang dengan berbagai macam bentuk,” ungkap Husein Tali saat ditemui disela-sela kegiatan.

Mantan Kadis Diknas Mubar ini menyampaikan bahwa Muna Barat selain mengikuti gebyar layangan juga turut ikut andil memecahkan rekor Muri yang digelar oleh Kementrian Desa.

“Apakah ini terpecahkan rekor Muri (terbanyak) atau bagaimana karena ini dilakukan serentak seluruh Indonesia,” ucapnya.

“Saya berharap kedepan ini bisa dilakukan setiap hari batik nasional,” harapnya.

Sementara itu, Tenaga Ahli Pelayanan Sosial Dasar Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Muna Barat, LM Junaim menjelaskan kegiatan  Gebyar layang layang desa merupakan kegiatan penerbangan layangan yang dilaksanakan bersama Menteri Desa PDTT yang serentak secara Nasional.

“Kegiatan dilaksanakan  secara virtual dilapangan terbuka di desa Guali Kecamatan kusambi. Peserta kegiatan harus mengikuti dan  mematuhi protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah. Dan kegiaatan ini dimeriahkan oleh seluruh perangkat desa dan kepala desa se Mubar dalam rangka memeriahkan hari batik nasional 2020. Kegiatan ini dibuka oleh bapak sekda Muna Barat ,turut hadir  Camat Kusambi dan Seluruh  pendamping TPP P3MD  Mubar  yang berpartisipasi secara aktif memeriahkan hari batik nasional,” jelasnya.

Foto : Rekor Muri Kemendes dan PDTT RI. Foto/Istimewa

“Kami mengucapkan hari batik nasional dan gerakan bangga buatan Indonesia yang terbaik yang terbatik oleh Kementerian Desa PDTT. Karena Batik yang ditanah air adalah warisan leluhur yang wajib dijaga dan dipelihara. Batik sebagai aset bangsa dan sebagai bukti bahwa batik Indonesia adalah terbaik buat Indonesia dan bagi dunia. Alhamdulillah berjalan sukses dan akhirnya Gebyar Layang Batik Kemendes mendapatkan Rekor MURI,” tutupnya.

Reporter: Sacriel

News Feed